Senin, 22 Mei 2017

Puding request mba Mirta

Bismillah...(repeat order), sepasang puding yang direquest mba Mirta di Wika. Sempet kepending 2 kali : akunya yang unfit dan mba Mirtanya unfit jugaa....
Alhamdulillah, finally kesampean jugaaa...syukron ya mbaa๐Ÿ’–

Sabtu, 20 Mei 2017

Nugget Tahu

Bismillah....bulan ramadhan, bulan puasa, bulan penuh rahmat dan berkah dari Allah swt seminggu lagi menjelang ๐Ÿ’–๐Ÿ’–๐Ÿ’–. Sebagai ibu yang ingin memberikan makanan yang sehat dan bernutrisi, sudah siap siap stok cemilan buat menu berbuka dan santap sahur tentunya. Makanan yang sehat tanpa msg maupun pengawet sudah banyak di jual sekarang, hal ini sebagai tanda baik produsen maupun konsumen sudah mulai cerdas dan peduli akan kesehatan. But....tak ada salahnya jika kita sesekali atau bahkan sering kali menyempatkan waktu di dapur untuk menyiapkan menu yang sehat untuk keluarga kita๐Ÿ’–.

     

Untuk anak-anak, nugget adalah salah satu menu favoritenya, termasuk 2 jagoanku di rumah -kak  Awa dan mas Azka-. Biasanya kubikin nugget ayam, resepnya ada di link berikut...

http://klikue.blogspot.co.id/2017/03/nugget-ayam-homemade_49.html?m=1

But ... kali ini kubikin nugget dari tahu yang kukombinasikan dengan keju cheddar parut, jadi perpaduan antara protein hewani dan nabati... ni diaa resepnya...oyaa, kutambahkan bihun jugaaa๐Ÿ˜‰๐Ÿ˜‰

NUGGET TAHU
by Titi Klikue

Bahan
1. 15 kotak tahu
2. 100 gram wortel, parut halus
3. 100 gram keju, parut halus
4. 3 butir telur
5. 75 gram tepung tapioka
6. 6 sdm mujung tepung panir
7. 1 buah bawang bombay, cincang halus
8. 3 buah bawang putih, cincang atau haluskan
9. 2 batang daun bawang, iris halus
10. 75 gram bihun jagung, seduh lalu tiriskan
     (Bihun ini optional ajaa ya...ini karena anaku sukaaa bihun, kalo nda suka skip ajaa)
11. 1 sdm garam
12. 1 sdt merica bubuk

Bahan Untuk Membalur
1. 2 butir telur, kocok lepas 
2. Tepung panir secukupnya

Cara Membuat 
1. Siapkan loyang, lalu alasi permukaan loyang dengan plastik tebal, olesi permukaan plastik dan bagian samping loyang dengan minyak, sisihkan.
2. Siapkan mangkuk, masukkan semua bahan nugget, aduk rata dengan spatula sampai menjadi adonan yang homogen.
3. Tuangkan adonan ke dalam loyang yang telah kita siapkan, ratakan permukaannya agar smooth. Kukus adonan selama kurang lebih 30 menit hingga benar-benar matang. Adonan yang kurang matang akan lembek dan sulit dipotong.
4. Keluarkan adonan dari dalam kukusan, biarkan hingga benar-benar dingin. *karena adonan nugget tahu ini lebih lembek daripada nugget ayam, masukan adonan yang sudah matang ke dalam kulkas semalaman agar kaku dan tidak hancur saat di potong.
5. Lepaskan adonan dari loyang, buang plastik yang melekat. Olesi pisau/cookie cutter dengan minyak goreng ketika akan memotong adonan agar tidak lengket. Potong-potong adonan sesuai bentuk yang diinginkan, bisa kotak atau menggunakan cookie cutter dengan aneka bentuk. 
6. Gulingkan potongan nugget ke dalam kocokan telur, kemudian lumuri permukaannya dengan tepung panir, tekan-tekan agar tepung panir menempel erat diseluruh permukaan nugget. Gulingkan sekali lagi nugget ke telur dan tepung panir, agar nugget lebihcrispy. 
- sampai tahap ini, Nugget Tahu siap untuk dibekukan -
7. Goreng dalam minyak panas dengan api kecil, hingga permukaan nugget menjadi coklat keemasan. Angkat dan tiriskan.

Adonan tahu yang sudah matang dan di potong-potong siap dibalur dengan tepung panir
*aku lebih suka potongan yang tipis kurang lebih 1cm, lebih crispy sesuai request anak2




Jumat, 19 Mei 2017

Puding Nangka...legits dan wangii๐Ÿ˜Š

Bismillah...
Puding yang sudah lamaaa pengen kubikin, puding nangka...variasi lain dari puding santan gula merah dengan toping dan isian buah nangka yang dominan. Soal rasa, jangan ditanya... legittss dan wanginya nangka ituu looo๐Ÿ˜‰

Puding Nangka ini kubawa untuk potluck kumpul kumpul lingkaran tahsinku saat masih di level tahsini dengan mba Eka sebagaia pengajarnya. Nda sekadar kumpul karena sekaligus farewell nya mba Fitta yang mau pindah ke Bogor tahun ajaran baru ini....huuu....fii amanillah ya mbaa๐Ÿ’–



Puding Nangka
Resep by Titi KLIKUE

Bahan I
- 600 ml air 
- 120 gram gula pasir
- 1 sachet agar-agar bubuk plain
- 2 lembar daun pandan, simpulkan
- Buah Nangka (sesuai jumlah lekukan cetakan)
- 1 sdm biji selasih  rendam di air hangat, biarkan hingga mengembang
- Daun pandan untuk garnish

Bahan II
- 700 ml santan dari 1/2 butir kelapa
- 120 gram gula pasir
- 1 sachet agar-agar bubuk plain
- 2 lembar daun pandan, simpulkan
- 1/8 sdt garam 
- 3 buah nangka potong dadu kecil

Bahan III
- 700 ml air
- 200 gram gula merah
- 1 sachet agar-agar bubuk plain
- 2 lembar daun pandan, simpulkan
- 3 buah nangka potong dadu kecil


Cara Membuat;

Bahan I
- Campurkan dalam panci: air, gula pasir, agar agar bubuk, dan daun pandan. Kemudian masak diatas api sambil terus diaduk hingga mendidih.Matikan api

Bahan II
- Masukan dalam panci: santan, gula pasir, agar-agar, daun pandan, dan garam. Kemudian masak di atas api sambil terus diaduk hingga mendidih. Masukan potongan nangka, matikan api.

Bahan III
- Campurkan dalam panci: air, gula merah, agar agar bubuk, dan daun pandan. Kemudian masak diatas api sambil terus diaduk hingga mendidih.Masukan potongan nangka, matikan api.


Cara Penyajian:
1. Siapkan loyang puding, basahi dengan air.
2. Tuang puding I sebanyak kurang lebih 100 ml pada cetakan, biarkan hingga setengah beku. Tata potongan daun pandan, lalu potongan nangka di ataskan, siram lagi dengan puding I secukupnya saja asal buah nangka tertutup cairan puding. Ketika puding masih lembek, segera tata biji selasih. Biarkan hingga setengah beku.
3. Sambil menunggu lapisan akhir puding I setengah beku, panaskan kembali puding II
4. Tuang puding II di atas puding I (yang sudah setengah beku) secara perlahan, biarkan hingga setengah beku.
5. Panaskan kembali puding III, tuang di atas puding II. Kalau sudah hilang uap panasnya, simpan dalam kulkas selama kurang lebih 4 jam.
6. Siap untuk dikeluarkan dari cetakan dan dihidangkan

Menu4Bintang #8 Mixedgrain,wortel,ikanteri, dan tahu

Bismillah...saya masih pake beras mixed grain untuk karbonya..but lemak tambahannya kuganti dengan unsalted butter...alhamdulillah Nizam mau ajaa....
Oyaa hati2 yaa saat menyajikan kalo kita pake protein hewani ikan teri, tadinya aku cuma blender (hand blender) ajaa...but ternyata masih kerasaaaa ntu durinya, jadinya abis kublender lanjut disaring pake saringan kawat yang halus...

Menu4Bintang #7 Mixedgrain,tomat,ikangabus, dan tahu

Bismillah...


Bismillah....di menu yang ke 7 ini aku pake beras mixed grain (campuran beras putih, coklat, dan merah). Penggunaan lemak tambahan, santan termasuk yang disukai Nizam. Untuk santan biasa kukombinasikan dengan bumbu aromatik daun salam...ituuu jodohnyaa sudah
(*heee...selera emaknya sudaahh, keinget kalo bikin bubur di jawa kan wanginya daun salam kerasaaa bangetts...yuummyy)

Menu4Bintang #6 Berasputih,labumanis,hatiayam, dan tahu

Bismillah....
Bekal yang kubawa untuk jalan-jalan ke Kebun Raya Balikpapan
Noted : untuk nasi, biasa kumasak tersendiri menjadi bubur/ nasi lembek lalu kusiapkan per posi letakan di kulkas bawah...na kalo mau mazak tinggal ambil satu porsi, tinggal ditambahkan sumber bahan pangan lainnya, karena...terkadang dalam satu hari bisa bikin satu jenis bubur saring untuk 3x makan bisa juga 2 bahkan 3 jenis tergantung reaksi baby Nizam...sukaaa nda nii?..kalo nda berarti makan siangnya beda menu. Jadi lebih fleksibel....

Menu4Bintang #5 Berasputih,sawihijau,ayam, dan kacangpanjang


Bismillah....masih dengan 2 kombinasi bahan pangan berserat, yaitu : sawi hijau dan kacang panjang, untuk protein hewani nya kupake dada ayam kampung plus kaldu ayam (kampung) jugaa....

Menu4Bintang #4 Berasputih,bayam,telur, dan buncis

Bismillah...menu 4 bintang yang ke empat ini aku pake 2 makanan tinggi serat yaitu; bayam dan buncis. Ini kupilih dengan pertimbangan bab Nizam sangatt lancarrr babnya... bisa 3x sehari, so .. seratnya kutambah๐Ÿ˜Š๐Ÿ˜Š

Menu4Bintang #3 Berasputih,sawiputih,udang, dan tempe

Bismillah....waktu menu tunggal kemaren, Nizam nda terlalu suka udang bahkan bisa dibilang nda minatts...karena laper aja mungkin jadi *kepaksa dimakan....heeee....maafkeun bunda ya, nak๐Ÿ˜Š๐Ÿ˜Š๐Ÿ˜Š
Menu 4 bintang ini, kucoba masukin udang (pluss kaldu udangnya jugaaa) dan ku kombinasikan sama tempe , seledri sebagai bumbu aromatik sekaligus kublend juga...dan ternyataa enaakkss....(*noted : ketika bikin makanan bayi biarpun tanpa gulgar kita wajib nyicipp ya Moms...jangan sampe rasanya terlalu ekstrim....kasihan bayi kita,ya kann????)
Nizam?...alhamdulillah lahap makannya. Barakallahu fiik, nak...๐Ÿ’–๐Ÿ’–

Kamis, 18 Mei 2017

Menu4Bintang #2 Berasputih,tomat,daging, dan tahu

Bismillah....
Masih dengan lauk protein hewani daging sapi ya...kali ini aku buat tanpa adanya komposisi bahan pangan berserat karena Nizam sempat bab nya di agak panjang durasinya (alhamdulillah nda sampe sembelit). So...ketika kita menyusun menu ini selain masalah kesukaan bayi kita hal yang harus kita perhatikan juga gimana bab nya?...lancar nda?..sembelit nda?...just revjew kalo makanan berserat tinggi itu rentan sembelit.
Aku pilih lemak tambahan unsalted butter kesukaan Nizam...wangi aroma susu, yummyyy

Selasa, 16 Mei 2017

Menu4Bintang #1 Berasputih,tomat,daging, dan kacangpanjang

Bismillah.....
Nii dia menu 4 bintang pertama baby Nizam. Pemilihan bahan ini based on menu tunggal yang disukai. Ya iyaalaah...masak baru pertama kali makan lengkap makan yang nda enak???, heeee....
Jadi saat menu tunggal Nizam sukaaa ketika makan daging,sampai abizzz biss dan lahap banget makannya. So, di menu 4 bintang ini, kusiapkan daging sapi sebagai sumber Protein Hewani...trus aku pake santan sebagai lemak tambahan plus daun salam sebagai bumbu aromatiknya, wenakksss lhooo....*kuicip icip duluu๐Ÿ˜Š๐Ÿ˜Š

Minggu, 14 Mei 2017

Menu 4 Bintang MPASI

Bismillah...
Setelah melewati 14 hari pertama makan dengan menu tunggal, kini saatnya baby Nizam mulai menu MPASI 4 bintang. Apa sih, MPASI 4 bintang itu?
Menurut WHO, MPASI yg baik kaya energi, protein, mikronutrien yg meliputi zat besi, zinc, kalsium, yodium, vitamin A, vitamin C, dll,  mudah dimakan & disukai anak, berasal dari bahan makanan lokal di tempat kita tinggal, terjangkau, dan mudah disiapkan. Nah... semua itu mencakup dalam MENU 4 BINTANG yg merupakan prinsip variasi keberagaman dan menjadi dasar atau panduan menyusun menu harian.

MENU 4 bintang yaitu terdiri dari :
🌟Sumber karbohidrat dikenal sebagai makanan pokok sumber penghasil energi (memenuhi fungsi zat tenaga).
🍞 Nasi, ada kentang, ubi, singkong, labu kuning, jagung, oat, pasta, bihun, mie, roti.

🌟🌟 Sumber hewani; sumber pembentuk sel tubuh dan sumber zat besi (memenuhi fungsi zat pembentuk sel tubuh), dapat diberikan sesering mungkin.
🍗Aneka ikan air tawar, ikan laut, daging ayam, sapi, kambing (termasuk otak, ati), telur.

🌟🌟🌟 Kacang-kacangan dan olahannya sebagai sumber protein nabati dan mineral zat besi (memenuhi fungsi zat pengatur).
🌱Ada kacang hijau, kacang merah, kacang polong, kacang kedelai, kacang tolo, edamame, kecambah (toge), buncis, tahu, tempe.

🌟🌟🌟🌟 Aneka buah dan sayuran berwarna hijau dan jingga yang kaya vitamin A (memenuhi fungsi zat pengatur)🍏🍊🍓🍎

📖 Hal yang perlu diperhatikan saat menyusun menu 4 bintang adalah :
1. Cek kembali apakah porsi masing-masing unsur penyusun sudah seimbang antara ; karbohidrat, protein hewani, nabati, sayuran, dan buah serta tidak dominan salah satunya.
2. Penambahan lemak tambahan seperti pada menu tunggal (sudah kubahas di link ini

Resep Tahu Fantasi

Bismillah...
Tahu Fantasi kudapan gurih berbahan utama tahu yang dimixed sedemikian rupa lalu dikukus, selanjutnya digoreng menggunakan kocokan telur hingga matang/ kuning kecoklatan. Yuummmy...snack yang praktis dan bergizi tentunya (*nda usah digoreng jika ingin lebih sehat or masaklah menggunakan air fryer)

Snack ini merupakan salah satu  andalan isian di kue nampan yang ku jual karena paling sering di request. Awalnya nda ada niatan share resep ... la wong bikinnya gampang buangetss kok. Simple nya tahu dihancurkan di kukus lalu di goreng...thats it๐Ÿ˜Š๐Ÿ˜†. Sampaiii akhirnya ada beberapa temen yang menanyakan gimana siih cara bikin tahu fantasi a la Klikue?... baiklah ku share resepnya, semoga bermanfaat ya...setidaknya bisa menyiapkan alternatif snack buat cemilan  suami dan buah hati kita di rumah....

Tahu Fantasi
By TitiKlikue

Bahan
Bahan I
15 buah tahu
2 buah wortel ukuran sedang
2 batang daun bawang rajang halus
4 butir telur

Bahan II - Tumisan daging
- 100 gram daging sapi giling
(Bisa diganti dengan daging apa saja sesuai selera or nda pake juga enak)
- 1/2 butir bawang bombay cincang
- 8 siung bawang putih
- 5 siung bawang merah
- 1 1/2 sdt merica bubuk
- 1/2 sdt lada bubuk
- 1/2 sdm garam
- 1/2 sdt gula pasir

Bahan III - Toping
- Sosis
- Telur Puyuh
(Sesuai selera yaa....)

2 butir telur kocok untuk lapisan menggoreng 

Niii dia bahannya....tinggal masukin telur, aduk rata, trus dicetak dehh

Cara Membuat
1. Siapkan mangkuk, haluskan tahu, sisihkan.
2. Siapkan tumisan daging
Haluskan : bawang putih dan bawang merah. 
Siapkan wajan, masukan minyak goreng, tumis bawang bombay cincang hingga harum, masukan bumbu halus aduk rata, masukan daging giling aduk rata - tambahkan merica bubuk, pala bubuk, garam dan gula pasir, masak hingga daging matang. Lakukan test rasa ya.....jika sudah sesuai, matikan api. Sisihkan.
3. Masukan tumisan daging, irisan daun bawang, wortel,  dan telur ke dalam tahu yang sudah dihaluskan. Sisihkan. Siap untuk dicetak
4. Masukan adonan tahu ke dalam cetakan, taruh toping di atasnya ( telur puyuh/ sosis)
5. Kukus selama kurang lebih 20 menit hingga matang, angkat. Dinginkan.

Ini hasilnya tahu selesai dikukus -- siap di goreng

6. Siapkan wajan dan minyak untuk menggoreng. 
7. Masukan tahu kukus ke dalam kocokan telur lalu goreng hingga matang/ kuning kecoklatan. Angkat. Tiriskan.

Puding Tape Kelapa Muda (Cup) - mba Amel

Alhamdulillah...order di hari yang sama oleh mba Amel, sepasang dengan puding cocktail jeruk. Syukron mba...syukron juga testinya di ig. Barakallahu fiik💖

Puding Cocktail Jeruk (Cup) - mba Amel

Alhamdulillah...repeat order dari mba Amel di perumahan GPA. Syukron ya mbaa...

Rabu, 10 Mei 2017

Membuat Kaldu Ayam dan Kaldu Sapi Untuk MPASI

Kaldu bukan sesuatu yang asing dalam dunia masak-memasak, bisa dikatakan merupakan komponen wajib untuk hidangan berkuah orang dewasa. Kaldu juga lazim digunakan untuk pelengkap MPASI, karena kaldu bisa memberi nilai gizi tersendiri pada makanan bayi dibandingkan dengan air biasa. Selain itu, dengan kaldu momS bisa mengenalkan rasa gurih secara alami buat bayi.
Ada perbedaan tentunya antara kaldu untuk konsumsi orang dewasa dengan bayi, yaitu penggunaan gula dan garam. Kaldu MPASI kita harus skip 2 bahan tersebut, karena sebaiknya bayi tidak diperkenalkan sampai usia 1 tahun.

Oya, untuk seluk beluk kaldu silahkan baca tulisanku sebelumnya yaa... berikut link nya
http://klikue.blogspot.co.id/2017/05/air-kaldu-untuk-mpasi.html?m=1

Resep kaldu ku kelompokan menjadi 3 ; 1. Kaldu ayam dan sapi 2. Kaldu ikan dan udang, dan 3. Kaldu sayuran.
Pengelompokan tsb di atas terkait dengan rempah2 yang digunakan, masing-masing kelompok menggunakan rempah yang sama. Naaa...untuk rempah ini sesuai selera kitaa yaa....silahkan saja. Khusus kaldu seafood aku tambahkan kunyit dan jahe untuk meminimalisir amisnya.

Kaldu Ayam (Kampung yaa....)

Bahan
1 ekor ayam kampung
2 butir bawang bombay
2 buah wortel
2 batang daun bawang
4 batang seledri
3 liter air

Cara Membuat
1. Cuci bersih ayam, potong kecil-kecil
2. Siapkan bumbu rempah-rempah kupas, cuci bersih, potong-potong.
3. Siapkan panci, rebus air sampai air mendidih kemudian masukan potongan ayam, rebus kembali sampai keluar lemak-lemak yang mengapung di panci. Ambil lemak2 tersebut sampai bersih. Kecilkan api seminimaaaal mungkin yaa....
4. Masukan potongan bumbu rempah-rempah ke dalam panci berisi air dan ayam, rebus selama 1-3 jam.
*pengalamanku perebusan kurleb 2 jam air akan menyusut separunya
5. Matikan api, buang rempah rempah dan saring air kaldu.
6. Diamkan sampai air kaldu suhunya sama seperti suhu ruangan.
7. Masukan air kaldu ke dalam botol (aku pake botol asi) or plastik (asi)
8. Simpan di freezer

Kaldu Sapi

Bahan
1/2 kg iga sapi
1/2 butir bawang bombay
1 buah wortel
2 batang daun bawang
3 batang seledri
1.5 liter air

Cara Membuat
1. Cuci bersih iga sapi, potong kecil-kecil
2. Siapkan bumbu rempah-rempah kupas, cuci bersih, potong-potong.
3. Siapkan panci, rebus air sampai air mendidih kemudian masukan potongan iga sapi, rebus kembali sampai keluar lemak-lemak yang mengapung di panci. Ambil lemak2 tersebut sampai bersih. Kecilkan api seminimaaaal mungkin yaa....
4. Masukan potongan bumbu rempah-rempah ke dalam panci berisi air dan ayam, rebus selama 1-3 jam.
*pengalamanku perebusan kurleb 2 jam air akan menyusut separunya
5. Matikan api, buang rempah rempah dan saring air kaldu.
6. Diamkan sampai air kaldu suhunya sama seperti suhu ruangan.
7. Masukan air kaldu ke dalam botol (aku pake botol asi) or plastik (asi)
8. Simpan di freezer


*kaldu kumasukin dalam botol-botol asi...siap disimpan di freezer, siap digunakan sewaktu waktu

Lemak yang mengapung hasil membuat kaldu jangan dibuang yaaa.... karena itu penting untuk bayi. Kebalikan dengan orang dewasa, bayi lebih membutuhkan banyak lemak dibandingkan serat untuk pertumbuhannya.

Tentang Air Kaldu ... komponen penting MPASI

Bismillah....
Alhamdulillah, 14 hari menu tunggal MPASI my 3rd son Nizam is over.... Hari ke-15 dan seterusnya lanjut ke MPASI menu 4 bintang. Naaa...ketika membuat menu 4 bintang ini sudah mulai mencampur 4 jenis makanan yaitu ; karbohidrat, sumber hewani, kacang kacangan, sayur mayur dan buah buahan, di mana dalam proses memasaknya dibutuhkan cairan/ air. Air berfungsi untuk proses mematangkan bahan 4 bintang tersebut, selain itu juga bisa sebagai penambah cita rasa makanan ketikaaa...kita bukan memakai air biasa tetapi air kaldu. Air kaldu baru kuperkenalkan ke baby Nizam baru di menu 4 bintang, walaupun sebagian besar momS sudah memperkenalkannya saat menu tunggal. Kupikir,biar Nizam merasakan sari pati makanan tertentu tanpa *campuran rasa yang lain.

Menurutku kaldu itu penting sekali, karena bayi dibawah satu tahun belum diperkenankan menggunakan gula dan garam sebagai "penyedap rasa" karena pencernaan mereka yang belum kuat...di sinilah kaldu berperan menggantikan posisi dua bahan tersebut. Berdasarkan situs Parenting.co.id ternyata anak bisa hidup normal tanpa garam dan gula tambahan (sebab makanan sudah mengandung garam dan gula). Berbagai penelitian membuktikan, asupan garam terkait dengan risiko tinggi terkena hipertensi, kegemukan, dan penyakit jantung di usia lebih muda. Gula juga terkait risiko mengalami diabetes dan kegemukan. Jadi, menu makanan yang sehat (seimbang) adalah menu dengan sesedikit mungkin garam dan gula. Hal ini berlaku untuk semua umur, bukan anak saja. Karena kebiasaan makan sehat merupakan modal dasar untuk terbentuknya pola makan sehat di kemudian hari.

Sebenarnya apa siih definisi kaldu??
Kaldu adalah sari dari tulang, daging atau sayuran yang direbus untuk mendapat sari dari bahan tersebut. Contohnya adalah kaldu ayam, kaldu sapi, kaldu ikan dll
https://id.m.wikipedia.org/wiki/Kaldu

Kaldu juga diklasifikasikan la
🍲 Klasifikasi Kaldu
1. Kaldu putih/jernih ( White Stock)
Terbuat dari tulang ikan, ayam (kaki ayam), tulang sapi, dan sayuran (bawang Bombay, wortel dan seledri).
2. Kaldu coklat ( Brown Stock )
Terbuat dari tulang sapi, kambing atau binatang perburuan dan sayuran (bawang Bombay, wortel dan seledri) yang diolah melalui proses penggosongan

Bahan Penyusun Kaldu:
1. Tulang
Tulang merupakan bahan utama yang mempengaruhi rasa dan spesifikasi kaldu, tulang yang biasa digunakan untuk membuat kaldu yaitu tulang sapi, kaki ayam, tulang ikan dan kambing.
2. Mirepoix
Merupakan bahan pemberi aroma kaldu yang terdiri dari (onion/ bawang Bombay, carrot/ wortel dan celery/ sledri perbandingan (4:2:1)
3. Bouquet Garnie
Bahan pemberi aroma dan merupakan ikatan bumbu terdiri dari daun bawang, lada hitam butir, thyme, bay leave, parsly/ celery.
4. Air
Dalam pembuatan kaldu dipergunakan air yang bersih dan bebas dari bau atau rasa yang tajam, misalnya kaporit, asin dll.

Manfaat kaldu;
🍲 Merangsang alat pencernaan sehingga menimbulkan nafsu makan
🍲 Bahan dasar pembuatan sup maupun saus
🍲 Memberi aroma dan rasa tertentu dalam pengolahan masakan
🍲 Menambah nilai gizi pada masakan
http://www.dwifitri.com/2012/02/pengertian-kaldu-white-stockbrown-stock.html?m=1

Membuat kaldu sendiri ternyata  rasanya jauh lebih sedap, karena kita bisa menentukan bahan tambahan ketika merebus daging/tulang sesuai "selera kita" . Selera kita ?...yaaa... karena tiap masing2 kita pasti punya selera masing-masing, ada yang suka aroma jahe, aroma bawang dsb. Asalkan itu bahan alami dan diperbolehkan dalam sisi medis menurutku ok aja ditambahkan dalam air rebusan kaldu yang akan kita buat. Kaldu homemade pastinya bebas bahan kimia, dan pengawet.Sebagai ibu, tentu kita ingin memberikan yang terbaik untuk buah hati tercinta dalam hal apapun, termasuk makanan. Untuk ibu yang tidak mau direpotkan untuk menyiapkan air kaldu tiap hari untuk memasak MPASI buah hati tercinta, membuat stok kaldu bisa jadi pilihan tepat. Bikin kaldu dalam jumlah banyak (kuranglebih stok 7-10 hari), lalu simpan di freezer, jika akan menggunakan tinggal turunkan di suhu kulkas bawah pada malam harinya, maka pagi harinya air kaldu sudah bisa digunakan. Praktis dan sehat insyaa Allah.

Tulisan berikutnya insyaa Allah akan aku share cara membuat air kaldu untuk MPASI. Cekidot yaaaa....😊😊

Selasa, 09 Mei 2017

Puree Brokoli

Bismillah
Kamis 4 Mei 2017 
14th day afternoon - Puree Brokoli

Puree Melon

Bismillah
Kamis 4 Mei 2017 
14th day morning- Puree Melon



Puree Ubi (Cilembu)

Bismillah
Rabu 3 Mei 2017 
13rd day afternoon - Puree Ubi

Puree Buah Naga

Bismillah
Rabu 3 Mei 2017 
13rd day morning- Puree Buah Naga

Puree Pisang

Bismillah
Selasa 2 Mei 2017 
12nd day afternoon - Puree Pisang

Puree Ikan Kakap

Bismillah
Selasa 2 Mei 2017 
12nd day morning- Puree Ikan Kakap

Puding Cocktail Jeruk - mba Yanti

Alhamdulillah...repeat order lagi dari mba Yanti yang sekarang tinggal di blok A (*sebelumnya di blok G). Mba Yanti ini selalu penasaran jika aku display puding2 baru...maรน nyobain semua, heeee.....thanks ya mba๐Ÿ’–

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...