Minggu, 12 Maret 2017

Nugget Ayam Homemade

Bismillah....
Mbikin menu requestnya kak Awa dan mas Azka ... NUGGET AYAM 😊😊
Nugget ayam, kudapan gurih berbahan dasar ayam ini merupakan salah satu menu favoritnya anak-anak, bahkan mungkin sebagian orang dewasa juga menyukainya. Kudapan ini sebahian besar dijual dalam bentuk frozen food, sehingga praktis dalam penyajiannya -tinggal goreng langsung happ.....πŸ˜ŠπŸ˜†-. Mungkin karena "kepraktisan" itulah yang menjadikan sebagian dari kita menyetoknya di kulkas sebagai menu "kepepet", kalau pas males bikin lauk tinggal goreng deeh...

    

Nugget ayam.... aku sering bikin karena 2 alasan ; anak anak suka dan yang kedua insyaa Allah lebih sehat (kebersihan proses membuat dan kupilih bahan berkualitas plus tanpa msg apalagi pengawet). Finally baru kali ini bisa posting resepnya, setelah nyoba resep ini dan itu akhirnya anak anak ku paling suka resep nugget di blog just try and taste. Thanks ya mba for sharing, semoga barakah ilmunya😊😊. Ini link resep aslinya yaa...  http://www.justtryandtaste.com/2012/12/nugget-ayam-dengan-wortel-its-homemade.html?m=1 .
So, membuat nugget ayam atau chicken nugget bukanlah suatu hal yang susah  yaa ... selama bahan untuk membuat nugget tersedia di dapur, kita bisa membuat nugget sendiri di rumah. Buatlah dengan mengucap bismillah dan penuh cinta...insyaa Allah makanan buatan kita akan enak di nikmati buah hati tersayang. Heeeee.....

NUGGET AYAM homemade
source : just try and taste
rebake : Titi Klikue

Bahan
1. 600 gram daging ayam giling
2. 60 gram buah wortel serut kasar
3. 60 gram mayonaise
4. 2 butir telur
5. 3 sdm tepung tapioka
6. 6 sdm tepung panir
7. 1/2 buah bawang bombay, cincang halus
8. 3 buah bawang putih, cincang atau haluskan.
9. 1 sdm garam
10. 2 sdm gula pasir
11. 1 1/2 sdt merica bubuk


Bahan Untuk Membalur
1. 2 butir telur, kocok lepas
2. Tepung panir secukupnya

Cara Membuat
1. Siapkan loyang, lalu alasi permukaan loyang dengan plastik tebal, olesi permukaan plastik dan bagian samping loyang dengan minyak, sisihkan.
2. Siapkan mangkuk, masukkan semua bahan nugget, aduk rata dengan spatula sampai menjadi adonan yang homogen.
3. Tuangkan adonan ke dalam loyang yang telah kita siapkan, ratakan permukaannya agar smooth. Kukus adonan selama 25 - 30 menit hingga benar-benar matang. Adonan yang kurang matang akan lembek dan sulit dipotong.
4. Keluarkan adonan dari dalam kukusan, biarkan hingga benar-benar dingin.
5. Lepaskan adonan dari loyang, buang plastik yang melekat. Olesi pisau/cookie cutter dengan minyak goreng ketika akan memotong adonan agar tidak lengket. Potong-potong adonan sesuai bentuk yang diinginkan, bisa kotak atau menggunakan cookie cutter dengan aneka bentuk. 
6. Gulingkan potongan nugget ke dalam kocokan telur, kemudian lumuri permukaannya dengan tepung panir, tekan-tekan agar tepung panir menempel erat diseluruh permukaan nugget. Gulingkan sekali lagi nugget ke telur dan tepung panir, agar nugget lebihcrispy.
- sampai tahap ini, Nugget Ayam siap untuk dibekukan -
7. Goreng dalam minyak panas dengan api kecil, hingga permukaan nugget menjadi coklat keemasan. Angkat dan tiriskan.


Siap untuk dikukus

Nugget yang sudah dikukus lalu di potong-potong sesuai selera

Siap dibekukan...stok lauk di freezerπŸ˜ŠπŸ˜†

Tidak ada komentar:

Posting Komentar