Selasa, 22 Desember 2015

Nasi Goreng Kuning

Nasi goreng merupakan makanan yang sering sekali disajikan sebagai menu sarapan maupun bekal sekolah yang difavoritkan banyak orang. Bagaimana tidak? Rasa dan aromanya sangat menggugah selera, apalagi jika dinikmati ketika masih hangat, membuat siapa saja tidak sabar untuk mencicipi kelezatannya.

Berbagai olahan nasi goreng bisa anda kombinasikan sesuai selera, baik dari pemilihan nasinya (nasi putih, nasi merah), bumbu, maupun pelengkapnya. Jadilah nasi goreng dinamai berdasar bahan utama pembuatan serta penampakannya. 

Sewaktu saya kecil...ibu sering banget masakin nasi goreng kuning ini sebagai menu sarapan pagi. Warna kuning berasal dari kunyit sebagai pewarna alami, selain itu ibu juga menambah kencur, sehingga menjadi nasi goreng kunyit kencur yang lezaatsss.....Seiring berjalannya waktu, kami anak anaknya beranjak dewasa, saat membuat nasi goreng ini ibu juga menambahkan cabe rawit yang diulek, wesss tambah maknyuuuss. Setelah saya mulai kuliah dan indekost di Solo, saya banyak memenukan masakan "berbeda" dengan menu masakan rumah. Salah satunya ya nasi goreng. Sewaktu saya kecil yang saya tahu nasi goreng ya berwarna kuning dan beraroma segernya kencur but di Solo nasi goreng pada umumnya berwarna merah dan coklat. Warna merah karena dominan penggunaan saus tomat sedangkan coklat karena dominan penggunaan kecap manis. Sejak itulah saya "terlupakan" dengan menu nasi goreng kuning buatan ibu. 
Sampai akhirnya, saya jadi full time mommy yang maunya selalu menyajikan menu yang berbeda tiap harinya buat keluarga kecil kami, saya teringat kembali dengan menu nasi goreng kuning ini. 

Saya membuat nasi goreng kuning buat sarapan ketiga jagoan saya yang lagi libur. Kak Awa, mas Azka sudah libur sekolah dan suami lagi cuti.
Selain saya menjadikan kunyit dan kencur sebagai bumbu utama, saya juga menambahkan sayuran di dalamnya, yaitu kacang panjang dan wortel. Kedua jenis sayuran ini saya cincang halus sehingga anak "ndak merasa" kalo ia sudah makan sayur, heeeee.....
Ini dia resepnya ya ....

Nasi Goreng Kuning
By Titi Klikue

Bahan
1.  2 piring nasi
2. 50 gr wortel parut menggunakan parutan keju
3. 3 buah kacang panjang rajang halus
4. 1 1/2 sdm margarin untuk menumis

Bumbu Halus
1. 3 siung bawang putih
2. 5 siung bawang merah
3. 3 cm kunyit
4. 2 cm kencur
5. 1/2 sdt garam

Cara memasak :
1. Haluskan bawang putih, bawang merah, kunyit, kencur, dan garam. 
2. Siapkan wajan, panaskan. Masukan margarin, masukkan bumbu halus, tumis hingga harum.
3. Masukkan kacang panjang, aduk sebentar -- masukkan nasi putih aduk sampai tercampur rata, masak sampai matang, tambahkan parutan wortel lalu aduk rata. Lakukan tes rasa.
4. Angkat dan sajikan selagi hangat.
5. Untuk bekal anak bisa ditambahkan bahan pelengkap lain sesuai selera anak supaya menambah nafsu makan sikecil. Selamat berkreasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar