Rabu, 30 Desember 2015

Roti Tawar Goreng Isi Sosis

Cemilan yang satu ini sudah sering saya buat dan resepnya pun sudah saya share di link ini...klikue.blogspot.com/2012/03/roti-isi-sosis.html?m=1... 

Roti Tawar Goreng isi Sosis, makanan berbahan dasar roti tawar yang diberi isi sosis pada bagian tengahnya kemudian digulung. Bagi anda yang mungkin sedang kebingungan ingin membuat cemilan apa hari ini, atau mungkin ingin cooking class dengan buah hati tercinta kudapan yang satu ini bisa jadi pilihan anda. Bahannya mudah didapar dan cara membuatnyapun mudah sekali.

Saya buat cemilan ini buat 2 jagoan lagi libur, kak Awa dan mas Azka. Karena saya begitu amat sangat membatasi anak anak untuk jajan di luar,  jadilah saya musti menyiapkan aneka cemilan buat mereka tiap hari nya yang musti di variasikan. Mulai bikin pempek, siomay, tahu crispy, pisang crispy, tempe goreng tepung, risoles, sosis solo semuaa sudaaah....sampe akhirnya saya lihat ada beberapa lembar roti tawar di meja makan jadilah saya bikin cemilan yang satu ini buat snack sore anak anak sepulang ngaji.

Biar nda ribet nyarinya, berikut saya tuliskan kembali resepnya ya...

Roti Tawar Goreng Isi Sosis

Bahan :
5 buah sosis ayam/sapi
5 lembar roti tawar tanpa kulit
100 ml susu cair
1 butir telur, kocok lepas, beri sedikit garam dan merica bubuk
100 g tepung panir kasar (bread crumbs), campur dengan sedikit garam dan merica bubuk
minyak untuk menggoreng

Pelengkap
Saus cabe/tomat
Mayones mixed dg keju cheddar parut

Cara Membuat :
1. Ambil selembar roti tawar, ratakan dengan rolling pin atau tekan sampai roti menjadi padat sehingga mudah untuk digulung, celupkan ke susu cair (asal basah aja....)
2. Letakkan sosis di atas roti tawar kemudian gulung sambil dipadatkan,
3. Masukkan gulungan roti isi sosis yang sudah rapi ke dalam telur kocok, kemudian gulingkan ke tepung panir kasar hingga semua permukaan terselimuti tepung panir.
4. Simpan gulungan yang sudah berbalut bread crumbs ke dalam lemari pendingin +-30 menit supaya lapisan bread crums melekat sempurna dan tidak mudah lepas saat digoreng.
5. Panaskan minyak goreng dengan api medium, masukkan roti yang sudah digulung tadi. tunggu hingga warna roti berubah jadi coklat keemasan.
6. Angkat, tiriskan, sajikan bersama saus tomat, saus sambal dan mayones.... Yummmy....
7. Selamat mencoba ya...

Noted;

Jika anda suka keju, anda bisa menambahkan lembaran keju (keju slice) sebelum sosis -- gulung.


Puding Tape Panggang


Puding Tape Panggang

Bahan :
250 gr Tape singkong
220 gr Gula pasir
625 ml Santan
100 gr Tepung terigu
50 gr Tepung Custard
50 gr Susu bubuk
100 gr Margarine, lelehkan
3 butir Telur, kocok lepas

Topping :
1 butir Kuning telur
Keju cheddar parut, secukupnya.
Kismis secukupnya

Cara Membuat :
1. Remas-remas tape dan gula pasir sampai lembut, masukan margarin dan telur, aduk menggunakan whisk.
2. Masukan tepung terigu, tepung maizena dan susu sambil diayak. Aduk rata.
3. Masukan santan, aduk hingga tercampur rata.
4. Tuang kedalam loyang persegi ukuran 20 X 20, yang telah dioles margarin dan dialasi kertas roti. Panggang selama 50 menit (hingga permukaan set) dengan suhu 190 derajat C menggunakan api bawah
Keluarkan, olesi permukaannya dengan kuning telur, beri taburan keju parut dan kismis. Panggang kembali selama 15 menit (hingga matang

Brownies Milo - mba Dena

Alhamdulillah...1st order dari mba Dena, mama Dahlan -- brownies milo 150pcs buat acara taklim di masjid Namira Bpn Baru. Jazakillah khoyr ya, mba😊

Puding Lapis Surabaya - Ummi Eulis

Alhamdulillah...Order yang keeeeesekian kalinya dari Ummi Eulis. Jazakillah khoyr, Umm...

Sabtu, 26 Desember 2015

Nasi Kuning

Naskun begitu sebagian besar orang Balikpapan menyebut kuliner nasi kuning. Makanan ini merupakan menu sarapan favorit di Balikpapan selain lontong sayur. Begitu banyaknya penggemar nasi kuning ini, tak heran jika pedagang naskun banyaaak sekali di temukan di berbagai sudut kota Balikpapan.

Pertama kali saya pindah akhir tahun 2008 ke kota minyak ini saya tinggal di daerah Gunung Sari. Persis sebelah tempat saya tinggal ada penjual naskun. Aneeh, itulah kesan pertama kali saat saya mencicipi menu ini untuk sarapan pagi...karena daerah asal saya di Jawa, lazimnya menu sarapan pagi ya..bubur.... Nasi kuning saat zaman kecil saya, ada saat moment tertentu biasanya saat perayaan ulang tahun dan sejenisnya.
Lama kelamaan saya dan kak Awa (mas Azka belum lahir, heee) jadi terbiasa menjadikan naskun sebagai menu sarapan pagi, apalagi kalo pas males masak. Kok suami ndak?...karena memang suami saya nda biasa makan saat sarapan pagi ...just a cup of milk for breakfast.

Cara penyajian nasi kuning di Balikpapan berbeda dengan nasi kuning yang saya ketahui sebelumnya. Nasi kuning yang saya tahu biasanya disajikan dengan irisan tipis telur dadar, abon, ketimundan kemangi, lauk (telur/ ayam/ daging masak kecap or goreng). Tetapi...nasi kuning di Balikpapan berbedaaa....nasi kuning disajikan bersama mie goreng dan orek tempe sebagai pendamping menu wajib, untuk lauknya bisa memilih apakah telur, ayam atau daging. Lauk ini bisa dimasak kecap or bumbu bali, sebagian besar penjual, bumbu bali lah yang dipake, berwarna merah pekat, tetapi rasanya ndak pedas karena merahnya dari pemakaian cabe kering.

Karena anak dan suami ndak begitu suka bumbu bali, maka saya sering menyajikan nasi kuning dengan lauk pendamping ayam goreng. Mie gorengnya pun saya lengkapi dengan sayur mayur, karena yang dijual sebagian besar hanya mie telor yang dimasak merah juga!!...wes semua serba merah penampakannya kalo anda membeli naskun di Balikpapan.

Bahan 
500 gr  beras yang berkualitas baik
3 cm kunyit (bakar, kupas kulitnya lalu diparut halus) --- tambahkan dengan 1 sdt air jeruk nipis dan 5 sdm air, lalu saring.
600 ml air santan
3 lembar daun salam, dicuci bersih
2 lembar daun jeruk, cuci bersih
1 batang serai, memarkan
1 sdt garam

Bahan pelengkap :
Tempe orek
Ayam goreng
Mie goreng

Cara Membuat Nasi Kuning Komplit :
1. Cuci beras dengan air sampai bersih dan air cucian bening, tiriskan
2. Kukus beras yang sudah dicuci bersih sampai setengah matang
3. Rebus santan sambil terus diaduk di atas api sedang sampai mendidih. Tambahkan air kunyit, garam, daun salam, daun jeruk, dan batang serai. Masukan beras setengah matang
4. Aduk beras dengan spatula sampai bumbu tercampur rata dan santan meresap dengan beras
5. Kukus kembali beras yang sudah dibumbui sampai matang dan empuk kira-kira selama 20 menit
6. Angkat dan sajikan nasi kuning dengan semua bahan pelengkap

Nasi Uduk

Nasi uduk, makanan berbahan nasi putih yang rasanya gurih. Beras putih diaron dan dikukus dengan santan kelapa, serta dibumbui dengan garam, daun salam, daun jeruk, dan sereh.

Jumat, 25 Desember 2015

Lotek

Tetiba pengen makan salad  a la Jawa yang satu ini. Lotek !!!
Lotek adalah salah satu makanan favorit masa kecilku. Duluuu yang jual lotek terkenal di kampung halaman saya adalah budhe Siti (almh) yang notabene budhe saya sendiri. Sampai akhirnya budhe mulai sepuh mulai bermunculan penjual lotek yang lain.Yu Manirah salah satunya. Yu Manirah ini jualannya di warung/ pasar Tengok di depan rumah saya di Ambal. Jadi kalo pas mudik...hampir tiap hari saya request lotek buatan beliau, spesial requestnya yang banyak kencurnya. Wenaaakkss😊😅 

Bagi orang Balikpapan sebagian besar ndak mengenal makanan ini, kecuali yang sudah pernah tinggal di Jawa. Lotek bukan makanan yang asing. Secara penampakan, lotek hampiiiir sama dengan pecel...Sama sama bahan utamanya sayur dengan sambal kacang sebagai dressing. Bedanyaa...kalau pecel bumbunya sudah dibuat sebelumnya, bahkan ada bumbu pecel kemasan, tinggal di encerkan sama air panas...jadiii deh! Sedangkan lotek, bumbunya fresh dari cobek. Kalau kita membeli lotek..kita akan melihat penjualnya mengulek bumbu2 langsung di cobek. Bumbu lotek yang lazim di daerah saya (Ambal, Kebumen) yaitu ; garam, bawang putih, cabe(jika mau pedas), terasi, kencur, irisan kulit jeruk purut, kacang tanah goreng, gula merah, dan air asam jawa. Semua bumbu tersebut diuleg jadi satu memakai cobek batu. Setelah bumbu halus, kemudian diberi aneka sayuran matang antara lain bayam atau kangkung , kacang panjang, taoge, wortel, sedang sayur mentahnya kol dan ketimun. Selain sayuran, di penjual lotek juga menyediakan tempe kemul (tempe tepung) dan bakwan sayuran yang bisa dicampurkan langsung atau dimakan terpisah dari lotek. Semua bahan tersebut lalu di aduk di cobek..baru setelah itu di pindah ke piring dan di sajikan. 

Brownies Milo - mba April

Jazakillah khoyr 4 order ya, mba...😊

Kue Nampan - mba Risza, Batakan

Alhamdulillah....repeat order dari mba Risza di Batakan. Jazakillah khoyr ya mba 😊

Rabu, 23 Desember 2015

Cara Melipat Risoles Segitiga

RISOLES....kudapan gurih yang enak dimakan kapan saja, baik pagi di kala sarapan, siang buat cemilan maupun sore teman ngeteh disore hari. Risoles pada umumnya berbentuk segiempat maupun persegi panjang. Namun saat ini, ada juga yang berbentuk segitiga.

Bagi sebagian besar anda, pasti sudah biasa membuat risoles berbentuk segitiga ini, tapi tidak sedikit juga yang merasa kesulitan ketika membentuknya. Risoles berbentuk segitiga ini, proses melipatnya tidak sesulit yg dibayangkan.... Berikut saya dokumentasikan step by step cara melipatnya. Semoga bermanfaat ya....

Selasa, 22 Desember 2015

Soto Ayam

Soto ayam merupakan salah satu kuliner khas Indonesia berupa sup ayam dengan kuah berwarna kuning. Warna kuning di dapat dari kunyit sebagai salah satu bumbu intinya.Soto ayam banyak dijumpai hampir di setiap daerah di Indonesia.
Cita rasa dan juga tampilan soto ayam di setiap daerah juga sangat berbeda satu dengan lainnya. Namun pada dasarnya bahan dan juga cara membuat soto ayam tersebut sama. Hanya ada tambahan bahan dan juga cara memasak yang sedikit berbeda sehingga soto ayam memiliki jenis yang beragam.

Nasi Goreng Kuning

Nasi goreng merupakan makanan yang sering sekali disajikan sebagai menu sarapan maupun bekal sekolah yang difavoritkan banyak orang. Bagaimana tidak? Rasa dan aromanya sangat menggugah selera, apalagi jika dinikmati ketika masih hangat, membuat siapa saja tidak sabar untuk mencicipi kelezatannya.

Berbagai olahan nasi goreng bisa anda kombinasikan sesuai selera, baik dari pemilihan nasinya (nasi putih, nasi merah), bumbu, maupun pelengkapnya. Jadilah nasi goreng dinamai berdasar bahan utama pembuatan serta penampakannya. 

Sewaktu saya kecil...ibu sering banget masakin nasi goreng kuning ini sebagai menu sarapan pagi. Warna kuning berasal dari kunyit sebagai pewarna alami, selain itu ibu juga menambah kencur, sehingga menjadi nasi goreng kunyit kencur yang lezaatsss.....Seiring berjalannya waktu, kami anak anaknya beranjak dewasa, saat membuat nasi goreng ini ibu juga menambahkan cabe rawit yang diulek, wesss tambah maknyuuuss. Setelah saya mulai kuliah dan indekost di Solo, saya banyak memenukan masakan "berbeda" dengan menu masakan rumah. Salah satunya ya nasi goreng. Sewaktu saya kecil yang saya tahu nasi goreng ya berwarna kuning dan beraroma segernya kencur but di Solo nasi goreng pada umumnya berwarna merah dan coklat. Warna merah karena dominan penggunaan saus tomat sedangkan coklat karena dominan penggunaan kecap manis. Sejak itulah saya "terlupakan" dengan menu nasi goreng kuning buatan ibu. 
Sampai akhirnya, saya jadi full time mommy yang maunya selalu menyajikan menu yang berbeda tiap harinya buat keluarga kecil kami, saya teringat kembali dengan menu nasi goreng kuning ini. 

Saya membuat nasi goreng kuning buat sarapan ketiga jagoan saya yang lagi libur. Kak Awa, mas Azka sudah libur sekolah dan suami lagi cuti.
Selain saya menjadikan kunyit dan kencur sebagai bumbu utama, saya juga menambahkan sayuran di dalamnya, yaitu kacang panjang dan wortel. Kedua jenis sayuran ini saya cincang halus sehingga anak "ndak merasa" kalo ia sudah makan sayur, heeeee.....
Ini dia resepnya ya ....

Nasi Goreng Kuning
By Titi Klikue

Bahan
1.  2 piring nasi
2. 50 gr wortel parut menggunakan parutan keju
3. 3 buah kacang panjang rajang halus
4. 1 1/2 sdm margarin untuk menumis

Bumbu Halus
1. 3 siung bawang putih
2. 5 siung bawang merah
3. 3 cm kunyit
4. 2 cm kencur
5. 1/2 sdt garam

Cara memasak :
1. Haluskan bawang putih, bawang merah, kunyit, kencur, dan garam. 
2. Siapkan wajan, panaskan. Masukan margarin, masukkan bumbu halus, tumis hingga harum.
3. Masukkan kacang panjang, aduk sebentar -- masukkan nasi putih aduk sampai tercampur rata, masak sampai matang, tambahkan parutan wortel lalu aduk rata. Lakukan tes rasa.
4. Angkat dan sajikan selagi hangat.
5. Untuk bekal anak bisa ditambahkan bahan pelengkap lain sesuai selera anak supaya menambah nafsu makan sikecil. Selamat berkreasi.

Minggu, 20 Desember 2015

Puding Jagung Cokelat a la Lapis Surabaya

Pudiing lagiiii...puding Jagung Cokelat kali ini merupakan hasil "iseng saya" menyatukan 2 jenis puding menjadi satu....Untuk resepnya saya pakai Puding Jagung Cokelat yang review dan resepnya sudah saya tulis di link ini www.klikue.blogspot.com/2015/11/puding-jagung-cokelat_23.html . 

Karena warna puding ini (cokelat dan kuning) seperti warna pada puding Lapis Surabaya, maka saya pun iseng-iseng "menjadikan" tampilannya layaknya puding lapis surabaya...Jika di puding Lapis Surabaya saya menggunakan pewarna untuk lapisan kuning, maka untuk puding ini tidak, karena warna kuningnya didapat dari buah jagung. Untuk link puding lapis surabaya yang sudah saya buat, silahkan buka link ini ya..www.klikue.blogspot.com/2015/12/puding-lapis-surabaya.html. 

Puding lapis surabaya memiliki puding pelapis coklat sebanyak 4 lapisan. Maka puding pelapis inilah yang saya ambil untuk dikombinasikan di Puding Jagung Cokelat....alhamdulillah,jadilah Puding Jagung Cokelat a la Lapis Surabaya.

Resep Puding Jagung Cokelat a la Lapis Surabaya
By Titi KliKue

Bahan I
- 1600 ml Santan 
   (dari 1 butir kelapa tua)
- 4 buah jagung manis
- 250 gram gula pasir
- 2 sachet agar-agar bubuk plain
- 1 sdt nutrijel plain
- 1/4 sdt garam

Bahan II
- 800 ml susu uht plain/cokelat
- 130 gram gula pasir 
- 1 sachet agar-agar bubuk plain
- 1 sdt nutrijel plain
- 10 gram coklat bubuk
- 50 gram dark cooking choc (dcc)

Bahan III
- 700 ml air
- 120 gr gula pasir
- 1 sachet agar agar cokelat

Cara Membuat;
Bahan I
- Jagung buka kulitnya, cuci bersih lalu ambil biji
- Masukkan jagung ke dalam blender tambahkan kurang lebih 600 ml santan, lalu blender sampai halus
- Saring jagung yang sudah diblender bersama santan, sisihkan.
- Campurkan dalam panci: sisa santan, gula pasir, garam, agar agar bubuk, nutrijel, dan jagung yang sudah diblender sebelumnya. Kemudian masak diatas api sambil terus diaduk hingga mendidih.Bagi adonan menjadi 2 bagian.

Bahan II;
- Masukan dalam panci: susu, gula pasir, agar-agar, nutrijel, coklat bubuk, dan dcc. Kemudian masak di atas api sambil terus diaduk hingga mendidih. Matikan api.

Puding III - Puding Pelapis
Siapkan panci, masukan : air, gula pasir, dan agar agar bubuk - rebus di atas api sedang sambil terus diaduk sampai mendidih. Matikan api.

Penyelesaian
1. Siapkan cetakan, basahi air, sisihkan.
2. Tuang 150 ml puding pelapis, biarkan setengah beku.
3. Panaskan kembali puding I, tuang separuh bagian puding I diatas puding pelapis, biarkan setengah beku.
4. Panaskan kembali puding pelapis, tuang 150 ml diatas puding I - jagung, biarkan setengah beku.
5. Panaskan kembali puding II - cokelat, tuang diatas puding pelapis biarkan setengah beku.
5. Panaskan kembali puding pelapis, tuang 150 ml diatas puding II - cokelat, biarkan setengah beku.
 6. Panaskan kembali puding I, tuang semua diatas puding pelapis, biarkan setengah beku.
7. Panaskan kembali sisa puding pelapis, tuang diatas puding I - Jagung sebanyak 150 ml, biarkan setengah beku.
8. Biarkan uap panas hilang dan suhu puding sama dengan suhu ruang, masukkan ke dalam lemari es kurang lebih 4 jam supaya antar lapisan melekat sempurna.
9. Setelah 4 jam dalam lemari es, puding siap disajikan sesuai selera.
10. Selamat mencoba

Sabtu, 19 Desember 2015

Sup Singkong

Pertama kali saya denger masakan ini aneeh banget ya... Singkong kok dibikin sup😅 Saya dan suami yang asli Jawa sampai akhirnya tinggal di kota Balikpapan, ya baru kali pertama ini menemukan makanan Sup dengan bahan baku utama singkong.
Sup Singkong merupakan salah satu kuliner khas Balikpapan. Bumbu sup ini sama seperti sup pada umumnya, perbedaannya pada bahan utamanya yaitu; singkong dan ceker ayam. Perpaduan kaldu dan ceker ayam yang gurih berpadu dengan empuknya singkong rebus, yummy....makannya pake sambel ya biar tambah endess.

Jumat, 18 Desember 2015

Puding Cendol Gula Merah

Cendol merupakan salah satu desert lokal Indonesia yang sangat familiar.Cendol di daerah Jawa Tengah disebut dawet. Apapun sebutannya bahan baku cendol adalah tepung beras/ tepung kanji/ tepung hunkwe, atau kombinasi ketiga bahan tersebut. Cendol lalu disajikan dengan santan dan gula merah, ada juga yang menambahkan es serut di atasnya. Dessert ini cocok sekali di makan siang hari di saat suasana terik. 

Penyajian cendol di Balikpapan agak sedikit berbeda yaitu dengan menambahkan sagu mutiara merah. Penjual cendol di Balikpapan sebagian besar adalah orang Madura yang mukim di sini. 

Kali ini saya mencoba menyajikan cendol menjadi puding. Puding Cendol Gula Merah resepnya sudah banyak bertebaran dengan berbagai variasi penyajiannya. Saya membuat puding cendol menjadi 3 lapis ; lapis pertama puding santan cendol, lapis kedua puding gula merah nangka, dan lapis ketiga puding santan sagu mutiara.

Resep Puding Cendol Gula Merah
By Titi KliKue

Bahan I - Puding Santan
1200 ml santan dari 1/2 butir kelapa
250 gr gula pasir
1 1/2 bungkus agar agar bubuk plain
1/2 sdt garam dapur
2 lembar daun pandan
150 gr cendol hijau
150 gr sagu  mutiara

Bahan II - Puding Gula Merah
600 ml air
250 gr gula merah
1 bungkus agar agar plain
1 lembar daun pandan
50 gr nangka

Cara Membuat
Puding I - Puding Santan
Siapkan panci, masukan : santan, gula pasir, agar agar bubuk, garam, dan daun pandan -- rebus di atas api sedang sambil terus diaduk sampai mendidih. Matikan api. Bagi menjadi 2 bagian sama rata.

Puding II - Puding Gula Merah
 Siapkan panci, masukan : susu cair, gula merah, agar agar bubuk, dan daun pandan-- rebus di atas api sedang sambil terus diaduk sampai mendidih. Matikan api. Masukan nangka.Sisihkan.

Penyelesaian
1. Siapkan cetakan, basahi air, sisihkan.
2. Siapkan separuh puding santan, masukan cendol lalu aduk rata. Tuang ke dalam cetakan biarkan setengah beku.
3. Panaskan kembali puding II - gula merah, tuang diatas puding I biarkan setengah beku.
4. Panaskan kembali sisa puding I, masukan sagu mutiara, aduk rata lalu tuang diatas puding II,  biarkan beku.
5. Biarkan uap panas hilang dan suhu puding sama dengan suhu ruang, masukkan ke dalam lemari es kurang lebih 4 jam supaya antar lapisan melekat sempurna.
6. Setelah 4 jam dalam lemari es, puding siap disajikan sesuai selera.

Vla Gula Merah
300 ml air
150 gr gula merah
1/4 sdt garam
1 lembar daun pandan
1 sdm maizena larutkan dengan 2 sdm air

Cara Membuat Vla Gula Merah
Rebus jadi satu; air, gula merah, garam, daun pandan di atas api sedang. Masak sambil diaduk hingga mendidih. Kecilkan api lalu masukkan larutan maizena, aduk sebentar hingga rata. Matikan api, dinginkan. Vla akan mengental ketika dingin.

Brownies Cappucino

Brownies kukus ini penampakannya sekilas mirip brownies milo. Ya, resep nya saya pake brownies milo perbedaannya saya mengganti bubuk milo dengan bubuk cappucino jadilah brownies cappucino.

Brownies Cappucino

Bahan I
- 2 butir telur
- 200 gr gula pasir  

Bahan II
- 200 gr terigu serbaguna
- 3 sdm coklat bubuk (ayak bersama terigu)

Bahan III
- 1 sachet Cappucino bubuk, larutkan dengan air hangat 200 ml  
- 1/2 sdt garam 
(Campur jadi satu semua bahan III)

- 1 sdt soda kue

CARA MEMBUAT :. 
1. Panaskan kukusan
2. Kocok telur + gula pasir sampai larut secara manual pake whisk
3. Tambahkan terigu dan coklat bubuk, aduk rata.
4. Tambahkan campuran bahan III (air milo, minyak, margarine, dan garam) aduk rata sampai tercampur semua  
5. Terakhir masukkan soda kue aduk rata pastikan tercampur semua
6. Tuang dalam cetakan mawar kecil, Kukus pake api sedang ± 15 menit 
7. angkat dan dinginkan, 

Untuk 30 buah

Kamis, 17 Desember 2015

Resep Puding Lapis Surabaya

Penampakan puding yang satu ini miriiip banget dengan cake Lapis Surabaya, jadilah puding ini diberi nama PUDING LAPIS SURABAYA. 
Puding ini booming di grup Langsung Enak oleh ibu Siti Maryam/ bunda Hanin, matur nuwun ya bund... sudah menginspirasi. Karena memang saya puding lovers maka ketika ada variasi puding baru saya selalu tertarik untuk mempraktekannya.
Puding Lapis Surabaya merupakan kombinasi puding susu dan puding cokelat, dibuat berselang seling seperti penampakan cake Lapis Surabaya.
Resep puding ini sudah saya modifikasi sesuai resep puding yang biasa saya pakai. Penampakannya yang saya buat mirip resep aslinya.....tapi maaaf, pada foto saya terlupa menuang selapis puding pelapis pada bagian bawah....bikinnya keburu buru karena mas Azka minta temenin tidur. Next bikin lagi, in syaa Allah

Resep Puding Lapis Surabaya 
Inspirasi : Grup LE
Resep : Titi Klikue

Bahan I - Puding Kuning
1400 ml susu uht putih
300 gr gula pasir
2 bungkus agar agar bubuk plain
1/2 sdt garam dapur
1 sdt pasta vanila
2 butir kuning telur
4 tetes pewarna kuning

Bahan II - Puding Cokelat
700 ml susu uht coklat
120 gr gula pasir
1 bungkus agar agar coklat
1/4 sdt garam dapur
50 gr dcc
1 sdm coklat bubuk
1 sdt pasta coklat

Bahan III - Pelapis
700 ml air
1 bungkus agar agar coklat
120 gr gula pasir

Cara Membuat
Puding I - Puding Kuning
1. Siapkan panci, masukan : susu cair, gula pasir, agar agar bubuk, garam, dan pasta vanila -- rebus di atas api sedang sambil terus diaduk sampai mendidih. Matikan api.
2. Kocok kuning telur menggunakan garpu, lalu ambil 1 sendok sayur adonan puding I ke dalam kocokan kuning telur aduk cepat. Setelah tercampur rata, masukan adonan kuning telur tsb ke adonan puding I, tambahkan pewarna makanan, aduk rata. Rebus lagi sambil diaduk sampai mendidih. Sidihkan.

Puding II - Puding Cokelat
 Siapkan panci, masukan : susu cair, gula pasir, agar agar bubuk, garam, dcc, cokelat bubuk, dan pasta cokelat-- rebus di atas api sedang sambil terus diaduk sampai mendidih. Matikan api.

Puding III - Puding Pelapis
 Siapkan panci, masukan : air, gula pasir, dan agar agar bubuk - rebus di atas api sedang sambil terus diaduk sampai mendidih. Matikan api.

Penyelesaian
1. Siapkan cetakan 20x20x7, basahi air, disihkan.
2. Tuang 150 ml puding pelapis, biarkan setengah beku.
3. Panaskan kembali puding I, tuang separuh bagian puding I diatas puding pelapis, biarkan setengah beku.
4. Panaskan kembali puding pelapis, tuang 150 ml diatas puding I - kuning, biarkan setengah beku.
5. Panaskan kembali puding II - cokelat, tuang diatas puding pelapis biarkan setengah beku.
5. Panaskan kembali puding pelapis, tuang 150 ml diatas puding II - cokelat, biarkan setengah beku.
 6. Panaskan kembali puding I, tuang semua diatas puding pelapis, biarkan setengah beku.
7. Panaskan kembali puding pelapis, tuang diatas puding I - kuning, biarkan setengah beku.
8. Biarkan uap panas hilang dan suhu puding sama dengan suhu ruang, masukkan ke dalam lemari es kurang lebih 4 jam supaya antar lapisan melekat sempurna.
9. Setelah 4 jam dalam lemari es, puding siap disajikan sesuai selera.
10. Selamat mencoba 


1 resep bisa dibagi jadi 2 loyang ukuran 10 x 22 cm...

Snack Box - masjid Ar Rahmah

Snack box buat taklim rabu kemaren di masjid Ar Rahmah

Nasi Bakar Ayam

Nasi bakar, menu yang satu ini kedengeran unik ya?? nasi kok dibakar? Biasanya kan digoreng?...naaah di situlah justeru uniknya.  Nasi bakar adalah nasi gurih (seperti nasi uduk) ditambahkan dengan aneka tumisan sesuai selera, bisa ayam, ikan, jamur, udang dan lain sebagainya, lalu dibungkus menyerupai lontong besar, kemudian dibakar. Naah proses pembakaran ini akan semakin menambah citarasa tersendiri,  karena aroma daun pisang pembungkus yang dibakar.  

......sudah lama saya pengen membuat makanan berat yang satu ini, but belom kesampeannn juga...untuk sarapan, seringnya bikin nasi uduk or nasi kuning request nya kk Awa dan mas Azka.

Pas kebetulan weken kemaren kepikiran mau bikin nasi bakar ah buat menu sarapan. Tadinya mau bikin nasi bakar ayam teri a la bu Fatmah Bahalwan yang kubaca review di beberapa blog rasanya endesss!!!, apa daya ternyata di kulkas nda ada stok teri medan, selain itu resep nasi bakar a la bu fatmah itu rasanya pedesss. Trus gimana drngan mas Azka....kasihan nanti dia lihat kita asik makan nasi bakar ia manyuuun, heee...Finally resep bu Fatmah ku modifikasi, kaldu nya saya skip, trus untuk irisan cabe nda saya tumis, tapi saya campurkan di nasi buat abiy, kak Awa, dan bunda yang suka dan bisa makan pedes. Selain itu juga saya tambahkan tomat dan kemangi. Yummy wes pokoknya...

Nasi Bakar Ayam
By Titi KliKue

Bahan Nasi:
1. 500 gr beras
2. 50 gr beras ketan (rendam 2 jam sebelumnya)
3. 600 ml santan dari 1/2 butir kelapa
4. 50 gr bawang merah
5. 1 sdt garam
6. 3 lembar daun salam
7. 2 batang sereh
8. 4 sdm minyak goreng untuk menumis
9. Daun pisang secukupnya untuk membungkus

Tumisan:
1. 1 buah dada ayam, potong dadu
2. 3 bh bawang putih
3. 3 bh bawang merah
4. 1 btg daun bawang, iris kasar
5. 5 batang daun kemangi
  (Beli di paklek sayur 2ribu perak)
6. 1 buah tomat matang cincang halus
7. 1  sdt garam
8. 1 sdt gula pasir
9. 100 ml air
10. 5 sdm minyak goreng untuk menumis
11. 10 butir cabe rawit / sesuai selera

Cara Membuat

I. Tumisan: 
panaskan minyak, tumis bawang putih, bawang merah hingga layu, masukkan tomat cincang dan daging ayam, aduk rata biarkan daging matang dan berubah warna, tuangi air, masak hingga air meresap dan agak kering, masukkan daun kemangi dan daun bawang serta garam dan gula, aduk rata sebentar. Lakukan tes rasa. Angkat.

II. Nasi 
Panaskan minyak, tumis bawang merah hingga harum, tuangi santan, daun salam, sereh, dan garam, masak hingga mendidih, masukkan beras ketan dan beras. Aduk rata, biarkan hingga santan terserap habis dan nasi menjadi aron. Kukus selama 20 menit hingga matang. Angkat.

Penyelesaian:
1. Untuk nasi bakar yang TIDAK PEDAS, ambil selembar daun pisang, beri nasi matang, dan tengah diberi tumisan kurang lebih 2 sdm, bungkus seperti lontong besar, semat dengan lidi kedua ujungnya. 
Untuk nasi bakar yang PEDAS: siapkan nasi tambahkan dengan beberapa cabe rawit, aduk rata. Ambil selembar daun pisang, tata nasi yang sudah bercampur cabe rawit utuh, beri 2 sdm tumisan, bungkus seperti lontong lalu semat kefua ujungnya dengan lidi.

2. Bakar diatas wajan atau panggangan panas, hingga harum. Sajikan.

Selasa, 08 Desember 2015

Bubur Ayam Samarinda

Bubur ayam, makanan yang satu ini lazim dijumpai hampir di seluruh wilayah di Indonesia. Bubur ayam menggunakan bahan utama bubur nasi, yaitu beras yang dimasak dengan air yang banyak sehingga teksturnya menjadi lembut dan berair. Bubur biasanya disajikan dalam suhu panas atau hangat. Namanya juga bubur ayam, sudah pasti ada irisan/suwiran ayam di atasnya. Biasanya tiap daerah memiliki ciri khas tertentu untuk bubur ayamnya. Bubur Ayam Sukabumi misalnya, biasanya menambahkan telur ayam kampung mentah yang ditimbun dalam bubur panas hingga termasak setengah matang. Bubur Ayam Tegal menyajikan kuah bumbu kuning yang khas layaknya masakan dari daerah Tegal. Sedangkan di Balikpapan, tak lengkap rasanya jika belum mencicipi Bubur Ayam Samarinda. 

Kalo di Balikpapan tak lengkap rasanya jika belum mencicipi bubur ayam samarina yang terletak di daerah gunung sari. Bubur ayam samarinda terbuat dari bubur nasi yang disajikan dengan suwiran daging ayam dan kuah soto sebagai ciri khas utamanya. Bubur ini juga dilengkapi ati ampela goreng, irisan telur rebus, irisan tomat, irisan daun seledri, bawang goreng, dan kerupuk/ emping melinjo. 

Akhir akhir ini kak Awa lagi sukaaa bangeuds sama ni bubur. Setiap libur sekolah dengan setia menunggu paklik bubur ayam samarinda, sarapan bubur katanya. Dan....pernah saya ajak kak Awa ke bubur ayam samarinda di daerah gunung sari, mauuu lagiii ke bubur ayam gunung sari, bunda. Biasa maksn bubur ayam paklik keliling yang 10 ribuan sekarang makan yang di gunung sari dengan harga yang hampir 3x lipat, bedaaaa lah rasanya .....Heeee

si kakak berkali kali bilang mau lagiii ke bubur ayam samarinda yang di gunung sari. Jauhnya itu looh, nak....kalo nda ada keperluan yang lewat daerah sana males bangets bunda. Finally rabu pagi ini,pas ada pilkada, kebetulan libur ....bunda buatkan bubur ayam samarinda buat kak Awa...tandass abizzz 2 mangkuk...."enak bundaa....", gitu kata kak Awa😊 Alhamdulillah....

Ini resep bubur samarinda a la saya ya....karena saya dari jawa buburnya saya tambahkan daun salam dan santan supaya rasanya lebih gurih dan nikmat, in syaa Allah😊😊 Resep aslinya 2 bahan ini nda ada.....pernah nyoba, rasanya kurang "nendang"

Bahan Bubur
250 gr beras pulen, cuci bersih, tiriskan
2 liter air (bisa juga pake air kaldu, airnya disesuaikan dengan berasnya)
garam secukupnya
3 lembar daun pandan
200 ml santan dari 1/4 butir kelapa
(Bisa gunakan 1 sachet santan instant)

Bahan Kuah 
6-8 siung bawang merah
4-6 siung bawang putih
1/4 sdt merica
1/4 sdt ketumbar sangrai
sedikit jahe & kunyit (tergantung selera)
garam dan gula secukupnya
Laos, sereh, secukupnya
1/2 ekor ayam

Pelengkap
Telur rebus
Ati/Ampela
Tomat buah
Emping/kerupuk
Bawang goreng
Daun seledri yang diiris tipis
Sambal cabe/terasi
Kecap manis

Cara Membuat
Bubur:
Campur beras, daun salam, air/kaldu (bisa pakai kaldu instan) dan garam secukupnya, masak hingga menjadi bubur. Masukan santan, masak kembali sambil diaduk hingga sesuai kekentalan yang diinginkan

Kuah Kaldu:
1. Rebus ayam dengan air hingga mendidih. Buang air rebusan (saya pakai ayam negeri, oleh karena itu proses ini wajib dilakukan untuk membuang lemak dan aroma yang kurang sedap. Selanjutnya cuci bersih ayam lalu tambahkan air sebanyak 2 liter.
2. Haluskan : bawang merah, bawang putih, ketumbar, merica, jahe, kunyit dan garam.
3. Tumis bumbu halus dengan sedikit minyak hingga harum, tambahkan laos dan daun salam. Masukan bumbu yang sudah ditumis tadi dalam air dan ayam pada nomer 1.Masak hingga mendidih. Tambahkan gula pasir, lakukan tes rasa ya....
4. Angkat ayamnya, sisihkan kuah-nya.
Daging ayam-nya bisa digoreng dulu atau langsung di-suir suir

Penyajian :
1. Masukan bubur dalam mangkuk
2. Tambahkan daging ayam suir dan pelengkap lainnya seperti telur, potongan tomat, bawang goreng, seledri.
3. Lalu siram dengan kuah kaldu
4. Sajikan dengan kecap, sambal, dan perasan jeruk nipis(jika suka rasa asam)
5. Tambahkan kerupuk atau emping di atasnya. 
6. Sajikan panas-panas karena jika sudah dingin rasanya menjadi kurang nikmat.

Kue Lumpur Kentang

Kudapan

Bahan
125 gr gula pasir
2 kuning telur
1 putih telur
250 ml santan
125 gr tepung terigu protein sedang
250 gr kentang kukus - haluskan
50 gr margarin - lelehkan
1/2 sdt vanili
1/2 sdt garam
Kismis untuk taburan

Cara Membuat
1. Rebus santan dan 1 simpul daun pandan sampai mendidih, angkat, dinginkan.
2. Kocok gula pasir dan telur hingga putih dan mengembang. Masukkan garam dan vanili sambil terus dikocok.
3. Tuang santan sedikit demi sedikit sambil diaduk rata.
4. Masukka tepung terigu dan kentang halus secara bertahap sambil terus diaduk hingga rata
5. Masukkan margarin leleh, aduk rata
6. Panaskan cetakan kue lumpur, oles tipis margarin. Tuang adonan hingga 3/4 penuh dan tutup.
7. Setelah 1/2 matang, taburi toping, tutup kembali dan biarkan hingga matang. Angkat.
Untuk 16 buah


Pom Pom Potatoes


Bahan
500 gr kentang, goreng
100 gr keju 
2 sdm susu bubuk
1 buah wortel, parut
1 butir telur, kocok lepas
garam dan merica secukupnya
tepung roti secukupnya
minyak untuk menggoreng

Cara membuat
1. Haluskan kentang dengan sendok atau ulekan. Masukkan susu bubuk, keju, dan wortel, campur rata. Tambahkan garam dan merica. Cicipi dan sesuaikan dengan selera
2. Bentuk adonan sesuka hati, sambil dikepal-kepal (digenggam sambil ditekan) supaya tidak pecah saat digoreng
3. Celupkan ke telur kocok, gulingkan ke tepung roti. Bisa diulang jika ingin kulit yang lebih tebal
4. Simpan dalam freezer 1-2 jam sebelum digoreng
5. Goreng dalam minyak panas yang agak banyak dengan api sedang-besar supaya kulit cepat menguning keemasan sebelum isinya meletus dan pecah. Usahakan juga untuk tidak banyak dibolak-balik supaya tidak pecah
6. Jika sudah menguning keemasan, angkat dan tiriskan
Sajikan dengan saus tomat atau mayonaise
Selamat mencoba ;)

Martabak Manis Mini

Alhamdulillah...akhirnya kesampean juga eksekusi bikin kue yang satu ini, martabak mini...😊😊Martabak Manis Mini, ukurannya sangatlah berbeda dengan martabak manis biasanya, seperti namanya mini martabak ini berukuran kecil. Untuk topingnya bisa kita modifikasi sesuai selera.

Ini hasil pertama saya membuat martabak manis mini. Bikinnya pun mendadak, tadi pagi sebelum berangkat halaqoh. So, toping yangsaya pake akhirnya seadanya banget, seadanya stok bahan kue saya di kulkas.

Bahan A
250 gr terigu serbaguna
50 gr gula pasir
1/4 sdt baking powder
300 cc susu cair
1/2 sdt ragi instan

Bahan B
3 butir telur
1 kuning telur

Bahan C
1/4 sdt soda kue
1/4 garam halus
50 gr butter dicairkan

Taburan di atas :
butter
gula pasir
susu kental manis
keju parut
cokelat meises
selai

Cara membuat :
1.Campur jadi satu terigu, gula, baking powder, dan ragi instan, aduk rata.
2.Masukkan susu sedikit demi sedikit sambil diaduk menggunakan whisk. Istirahatkan selama kurang lebih 45 menit.
3. Di tempat terpisah, kocok telur dan kuning telur(kocok lepas aja pakai garpu) kemudian masukkan ke dalam adonan yg sudah di istirahatkan selama 45 menit pada no.2
4. Terakhir masukkan butter cair,soda kue dan garam aduk rata kembali.
5. Panaskan cetakan, ambil 1 sendok sayur cetakan, biarkan sampai adonan mengembang dan berlubang, taburi dengan gula kemudian tutup hingga matang.
6.Angkat martabak dari cetakan dan beri olesan butter, susu kental manis dan keju atau meises atau topping sesuai selera.

Senin, 07 Desember 2015

Risoles Ragout Ayam

Risoles.....kudapan gurih yang "nda ada matinya". Membuat risoles sendiri sebenarnya bukan hal yang sulit asal kita membaca resep dengan seksama dan tahu triknya, khususnya saat membuat kulit dadar dan melipatnya. Selain itu, isi risoles juga bisa dibuat sesuai selera.

Kali ini saya membuat risoles isi ragout ayam. Risoles ini salah satu snack gurih yang sering dipesan di dapur Klikue. Jika anda tertarik untuk mencoba membuat sendiri, berikut resepnya ya....

Risoles Ragout Ayam
By Titi Klikue

Bahan Kulit
300 gr tepung terigu cakra
200 gr tepung terigu segi tiga
50 gr tepung sagu
(Berfungsi supaya adonan tidak mudah robek)
8 butir telur
50 gr margarin - cairkan
800 ml susu cair 
2 sdt garam

Bahan Isi - Ragout Ayam
1 buah dada ayam 
(rebus, buang air rebusan cuci ayam untuk menghilangkan lemak, rebus lagi sampai matang menggunakan 600 ml air yang baru)
1 bh wortel ukuran besar (potong kotak-kotak kecil)
1 batang daun bawang kecil, iris halus
5 batang daun seledri, iris halus

Bumbu:
1 sdt garam
5 siung bawang putih
5 siung bawang merah
1/2 sdt merica bubuk
1/4 sdt lada bubuk
1 sdt gula pasir
1 sdt kaldu bubuk non msg (optional)
1 bh bawang bombay, cincang halus
5 sdm tepung terigu
300 ml kaldu ayam (bekas rebusan dada ayam)
400 ml susu cair

Bahan pelapis :
200 gr tepung terigu encerkan dengan 500 ml air 
700 gr tepung panir kasar

Cara Membuat
Ragout Ayam
*Bumbu halus, haluskan: bawang merah, bawang putih, merica bubuk, lada bubuk, dan garam
* Tumis bombay hingga layu, masukan bumbu halus masak hingga harum. *Masukkan tepung terigu hingga berbutir-butir.
* Tuang kaldu ayam masak hingga mendidih. Masukkan daun bawang, ayam, dan wortel. Aduk hingga merata.
* Masukkan susu cair, aduk.
* Tambahkan gula dan kaldu bubuk. Aduk kembali hingga merata. Koreksi rasa.
* Terakhir masukkan irisan daun seledri, masak hingga kuah menyusut dan sedikit kering. Angkat dan dinginkan.

Kulit Risoles 
 * Campur jadi satu : telur, garam, tepung terigu, tepung sagu, dan susu cair. Kocok bahan tersebut menggunakan mixer kecepatan sedang sampai tercampur rata.
* Masukkan mentega cair, aduk hingga rata dan tidak bergerindil. Saring adonan bila perlu. Sisihkan.
* Panaskan teflon, tuang satu sendok sayur adonan, buat dadar tipis- tipis. Lakukan hingga selesai.

Penyelesaian
* Ambil selembar kulit, beri 2 sdt isian rogout, lipat bentuk segitiga, lakukan hingga selesai.
* Celupkan risoles ke dalam adonan pencelup, gulingkan ke tepung panir. Sisihkan.
* Goreng risoles dengan minyak banyak dan panas dengan api sedang hingga kuning kecoklatan angkat dan tiriskan.
* Sajikan dengan saos botolan atau cabe rawit.

Minggu, 06 Desember 2015

Klappertaart mba Hesti

1st order dari mba Hesti, istri mas Firman - temen sekantor suami. Saya kenal mba Hesti kurang lebih setahunan yang lalu, cuma ya itu sekadar tahu aja karena sesama suami satu departement. Naa...kami mulai akrab, biidznillah bisa ke tanah suci bersama dengan travel yang sama (ndak janjian padahal), dari ditulah kami mulai akrab.

Jazakillah khoyr ya mba....semoga berkenan, alias berlanjut ke order berikutnya😊😅

Sabtu, 05 Desember 2015

Kupat Tahu Magelang

Salah satu menu khas kota Magelang adalah kupat tahu magelang ini. Bahan utamanya ialah tahu dicampur ketupat (kupat), berbagai macam sayuran, lalu disiram dengan bumbu kacang. 

Ketupat merupakan makanan khas Indonesia. Terdapat berbagai jenis variasi olahan ketupat (kupat) mulai dari kupat tahu Bandung, kupat tahu Magelang, kupat tahu Solo, kupat tahu Singaparna, dan lainnya. Perbedaan jenis bukan hanya terletak pada nama daerah tetapi juga rasa. Hal ini dikarenakan perbedaan resep bumbu walaupun menggunakan bahan utama yang sama.

Saya mengenal kupat tahu magelang dari almarhumah ibu mertua yang tinggal di Purworejo. Letak kota Purworejo berbatasan langsung dengan kota Purworejo, maka menu ini juga familiar di daerah Purworejo. Ibu, begitu saya memanggil beliau...sering menyajikan Kupat Tahu Magelang sebagai menu makan malam. Resep yang saya tulis berikut modifikasi saya sendiri dari resep ibu dan browsing.

Kupat Tahu Magelang
By Titi KliKue

Bahan Tahu Goreng
1. 3 buah ketupat
2. 6 buah tahu putih kualitas bagus
    (saya pake tahu sumedang)
    - bumbu halus : 1sdt garam, 2 butir bawang putih, dan 1/2 sdt ketumbar bubuk 
3. 150 gram kol iris halus
4. 150 gram taoge seduh dengan air panas
5. Bakwan Sayur

Bahan Kuah
- 1lt air
- 100 gr gula merah
- 2 sdm kecap manis
- 1sdt garam
- 4 siung bawang putih
- 2 batang sereh, keprek
- 3 lembar daun salam
- 1 iris laos 
- 1/2 sdm cuka

Bahan Pelengkap
- 3 sdm kacang tanah goreng, tumbuk kasar
- 3 sdm daun seledri cincang halus
- 3 sdm bawang goreng
- 2 buah tomat potong potong
- sambel bawang 
  (Cabe rawit, bawang putih, dan garam diulek)

Bahan bakwan
- 100 gram tepung terigu
- 50 gram tepung beras
- 50 gram wortel, potong korek api
- 50 gram kol, potong halus
- 1 batang daun bawang cincang halus
- 100 ml air
Bumbu Halus
- 2 siung bawang merah
- 2 siung bawang putih
- 1/4 sdt merica bubuk
- 1 butir kemiri
- 1 sdt garam

Cara Membuat 
1. Bakwan
    - campur jadi satu : bumbu halus dan air, aduk rata. Tambahkan tepung terigu, tepung beras, wortel, kol , dan daun bawang aduk hingga adonan rata.
    - ambil 1 sendok sayur lalu goreng dalam minyak panas sampai matang (berwarna kuning kecoklatan)

2. Tahu goreng
- Aduk rata bumbu halus dan 150 ml air. Rendam tahu dengan campuran bumbu halus selama kurang lebih 30 menit. 
- Goreng tahu sampai matang kuning kecoklatan. Angkat. Dinginkan, lalu potong dadu.

3. Kuah
- Tumbuk halus garam dan bawang putih, sisihkan.
- Campur jadi satu : air, gula merah, kecap, daun sereh, daun salam, laos, cuka dan bumbu halus(garam dan bawang putih) -- rebus sampai mendidih menggunakan api sedang. Lakukan tes rasa. Matikan api.

Cara Penyajian
1. Tata : potongan kupat, tahu goreng, taoge, kobis, potongan bakwan, lalu taburi dengan tomat, seledri, dan bawang goreng. Lalu siram dengan kuah.
2. Sajikan bersama sambal bawang dan kacang tanah goreng. 

Noted : 
- Bumbu kuah kupat tahu goreng yang dijual pada umumnya berupa kuah manis saja (bawang putih nya di skip), sedangkan bawang putih nya ditumbuk sesaat sebelum penyajian bersama garam dan cabe --- jadi saat membeli biasanya kita ditanya "mau cabe berapa, mba?..."
Jadiii...untuk praktisnya maka bawang putihnya saya ulek bersama garam langsung direbus bersama kuah. Aroma bawang putih yang direbus bersama kuah dengan bawang putih yang diulek saja tentu berbeda. Jika anda menginginkan aroma bawang putih yang kuat, maka sebelum piring diisi dengan bahan kupat tahu maka siapkan 1 siung bawang putih ulek langsung di atas piring tsb baru ditata aneka isian kupat tahu di atasnya
- kacang tanah goreng yang sudah ditumbuk kasar pada umumnya langsung dicampurkan di point 1. Karena di rumah saya nda semua suka kacang tanah goreng jadi saya sajikan terpisah, supaya bisa mengambil sesuai selera

Kamis, 03 Desember 2015

Sosis Solo isi Ayam

Sosis solo lagii....snack gurih yang lagi sering di order di Klikue. Sosis Solo adalah perpaduan dari makanan Belanda. Konon pada zaman pendudukan V.O.C sosis sapi a la kuliner barat merupakan kudapan noni noni Belanda. Warga Solo melihat noni Belanda yang menikmati kudapan tersebut tergiur untuk mencoba membuat sosis versi mereka sendiri. Setelah melakukan berbagai percobaan jadilah dadar tipis yang diisi dengan campuran daging ayam / sapi cincang lalu digulung menyerupai sosis. Kini kudapan tersebut menjadi salah satu ikon kuliner kota Solo.

Proses pembuatan sosis solo mirip dengan pembuatan risoles terutama membuat dadar untuk kulit. Jika risoles menggunakan susu sebagai cairannya, maka sosis solo memakai santan. Setelah dadar sudah jadi, maka tinggal diisi isian sesuai selera mau ayam atau daging.Kali ini saya membuat Sosis solo isi ayam suwir resepnya memakai resep Sosis solo a la pak Sahak. Resepnya sudah saya tulis sebelumnya di link ini ya..

klikue.blogspot.com/2011/08/sosis-solo.html?m=1

Bolu Kukus Mawar

Bolu kukus, salah satu kudapan kue basah sederhana yang  enak dan lembut. Kreasi dari kue bolu kukus ini sekarang kian beragam, antara lain ; kombinasi bahan dasar yang digunakan untuk membentuk cita rasa yang diinginkan, warna, dan juga beragam tampilan yang cantik.

Bolu kukus mawar dibuat dengan menggunakan cetakan khusus berbentuk bunga mawar, sedangkan bahan-bahan yang diperlukan serta prosesnya tidak berbeda dari pembuatan bolu kukus yang sederhana pada umumnya. 

Bolu kukus mawar ini saya buat ndak sengajaa banget. Jadi ceritanya saya dapet orderan kue putu ayu sebanyak 50 pcs dari mba Emi. Ternyata saya ngaduk bahannya kelebihan dikit....akhirnya muncullah ide untuk mencetak adonan putu ayu tersebut ke cetakan mawar. Saya menjadikan sisa adonan dengan menambah perasa orange dan pewarna red cherry.

Cerita tentang cetakan mawar ini ada tersendiri. Cetakan ini pemberian mbak Tuti di Depok. Karena waktu boomingnya aneka jajanan berbentuk mawar susaaah betul nyari ni cetakan di Balikpapan. Setiap ke tbk bilangnya abiss terus....jadilah saya kontak mbak di Depok. Eee malah akhirnya nda mau diganti uangnya, heee....jazakillah khoyr mbakyuu

Ok ini resep Bolu Kukus Mawar a la saya ya...

Resep Bolu Kukus Mawar

Bahan
- 250 gram terigu protein sedang, ayak. sisihkan.
- 200 gram gula pasir 
- 3 butir telur
- 1 sdt cake emulsifier
- 1/4 sdt garam
- 1/4 sdt vanili
- 200 ml santan sedang (bisa diganti dengan susu cair or skm yang dicairkan)
- pewarna/ essens makanan sesuai selera (Saya bagi 3 warna: hijau, pink, dan orange)

Cara Membuat
1.Siapkan cetakan yang sudah diolesi minyak.
2. Panaskan kukusan dengan api besar. Bungkus tutup kukusan dengan kain atau serbet yang bagus menyerap airnya. 
3.Masak santan bersama daun pandan sambil diaduk(supaya santan tidak pecah) hingga sekali mendidih saja. Matikan api, lalu buang daun pandannya. Dinginkan. 
4. Kocok telur, gula pasir, cake emulsifier, garam, dan vanili bubuk dengan mixer kecepatan sedang hingga mengembang, putih, kental, dan kaku
5. Masukkan terigu sedikit demi sedikit sambil diaduk atau gunakan mixer kecepatan paling rendah.
6. Masukkan santan sedikit demi sedikit sambil dengan teknik aduk balik sampai benar-benar merata.
7. Bagi adonan dan beri pewarna/essens sesuai selera.
8. Masukkan 1 sendok teh adonan berwarna I di sisi pinggir, tambahkan 1 sendok teh adonan berwarna II, tambahkan adonan III hingga hampir penuh.
5. Kukus dengan api sedang selama 20 menit atau sampai matang. Angkat, keluarkan dari cetakan. 
6. Sajikan

*noted ; skip daun pandan jika anda mengganti santan dengan susu

Minggu, 29 November 2015

Sosis Solo - mba Yeni

Order dari mba Yeni di hari yang sama. 

Puding Mawar

1st order dari mba Yeni owner Aizha hijab store buat acara kunjungan teman (TKIT Al Auliya2) di rumahnya. 

Posting yang masih fresh 😊nda seperti biasanya yg suka late post, heee...Kunjungannya hari ini senin, 30 november 2015 dan entah mengapa pas saya posting di blogger kok munculnya hari minggu yaaa ****???

Resep yang saya pake seperti biasa saya buat puding cokelat stroberi dalam loyang hanya kali ini saya buat versi cup. Puding susu stroberinya dibuat dulu, sambil menunggu beku bikin puding coklat -- tuang di cup, setelah kedua puding mengeras, taruh puding mawar di atas puding cokelat laluu tuang deh 1/2 sdm vla vanila...

n

Sabtu, 28 November 2015

Arem Arem Sambal Goreng Kentang

Bikin arem arem lagiii....Alhamdulillah sukses bikin arem arem beberapa waktu yang lalu jadi "ketagihan" bikin lagi. Waktu itu bikin arem aremnya isinya seadanya banget, yaitu oseng tempe ati ampela. Resepnya ada di link ini ya...www.klikue.blogspot.co.id/2015/11/arem-arem.html?m=1

Kali ini saya bikin arem arem isi sambal goreng kentang.Selain itu kemaren saya memakai perbandingan untuk nasi aron, nasi : santan yaitu 1untuk nasi 2 untuk santan, ternyataa, hasilnya agar "pero" istilah jawanya alias berasnya kurang pulen. Saat bikin kali ini saya tambahkan santannya, perbandingannya 1 nasi 2,25 untuk santannya. Hasilnya?...nasi lebih pulen dan enak tentunya.
Silahkan mencobanya ya....anda lebih suka yang seperti apa.

Arem-Arem Sambal Goreng Kentang
by : Titi Klikue

Bahan I - Nasi Aron
300 gr beras pulen
700 ml santan
1 sdt garam
3 lbr daun salam
1 btg sereh, pukul
Daun pisang secukupnya
Lidi atau tusuk gigi lancip

Bahan II - Sambal Goreng Kentang
400 gr kentang, potong dadu goreng
100 gr wortel, potong dadu kecil
3 pasang ati ampela, potong dadu
2 lbr daun salam
1 btg sereh, pukul
1 ruas lengkuas, pukul
100 ml santan kental
Haluskan:
2 bh cabe merah besar
4 bh bawang merah
2 bh bawang putih

Cara Membuat
Bahan I - Beras aron
1. Cuci bersih beras, rendam 1 malam atau minimal 2jam, tiriskan.
2. Masak beras bersama santan, garam, daun salam, daun sereh, hingga mendidih dan santan terserap habis. Sisihkan

Bahan II - Sambal goreng kentang
Tumis bumbu halus, salam, sereh dan lengkuas hingga wangi, masukkan ati ampela, masak hingga berubah warna, masukkan wortel dan kentang, aduk rata, tuang santan kental. Biarkan mendidih dan santan surut. Tes cicip rasa.

Penyelesaian
1. Ambil satu lembar daun pisang, beri 2 sdm nasi aron, pipihkan, beri 1 sdt bahan isi, padatkan dan gulung dalam daun seperti lontong. Semat dua ujungnya dengan lidi atau tusuk gigi.
2. Kukus arem-arem selama 60 menit, hingga tanak. Angkat, dinginkan.

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...