Jumat, 31 Januari 2014

Fruity Rainbow Puding

Hari senin or selasa Ɣá aku lupa, dapet telpon dari buliknya Azizah(Sofura), temen kakak di SDIT Al Auliya. Heee....jujur aja aku lupa nama buliknya Sofura, padahal dah akrab sejak anaku kelas 1, mohon dimaafkeun Ɣá ♏ϐąk....
Temenku nanyain benerkah kalau diriku bϊڪά bikin puding yang macem macem....out of the box,...Trus kutanya, dapat info itu dari siapa ♏ϐąk?....dari mbak Uday katanya....oooo, tengkyu ♏ϐąk Uday suϑáЂ mempromosikan Klikue...
Akhirnya kubilang, aku minta pin BB aj, nanti foto2nya kukirimkan or lihat di blogku. Ternyata yang tertarik puding mama nya Sofura, Ɣá sdh setelah itu kita bbm an. Mama Sofura pesen puding rainbow sama amris frozen.
Puding rainbow nya sedikit kubuat berbeda degan sebelumnya. Kalo biasanya warna lapisannya hanya warna (aku pake pewarna Cros) dan kutambahkan pandan dalam rebusan agar agarnya, kali ΐπΐ aku pake pewarna+perasa. SuϑáЂ lamaa sebenarnya pewarna+perasa rainbow ΐπΐ ada di TBK, cuma aku blom tertarik untuk membelinya karena suϑáЂ punya Cros. Entah mengapa pas kemaren ke Sico tertarik untuk membelinya pas dapet orderan puding ΐπΐ . Untuk warna dan rasanya, Ungu = Blueberry, Biru=Leci, Hijau=Pandan, Kuning=Mangga, Orange=Jeruk, dan Merah=Stroberi. Jadi deh Fruity rainbow Puding
Jazzakillah 4 first order Ɣá mbak....

Kamis, 30 Januari 2014

Puding Susu Stroberi * bu Rina

Alhamdulillah, sejak display pinky puding nya Alin pake cetakan bunga krisan jadi banyak Ɣªήğ request ntu puding.
Cerita tentang cetakan krisan ΐπΐ , aku beli di Cherry salah satu TBK di Balikpapan yang berada di daerah Balikpapan Permai. Biasaa...kalo pas ada belanjaan yang harus dibeli sekalian lihat lihat siapa tahu ada barang bagus or yang "lucu" untuk dibeli. Barang yang dibeli bϊڪά berupa cetakan kue, cetakan garnish cokelat, pita, or apaaa aja yang kurasa unik dan menarik. Langsung comot aj, sampai terkadang suami keseel kalo menemani ke Cherry karena lamaa katanya, heeee.....sorrry ♏άڪ:)
Pas ke Cherry sebulan yang lalu, kulihat cetakan krisan ΐπΐ , dan memang aku suϑáЂ lama lihat aneka puding di internet pake cetakan ΐπΐ , terlihat menarik. Ok, akhirnya kubeli deh cetakan krisannya.
Kembali ke puding....puding ΐπΐ dipesan bu Rina, mau dibawa ke rumah teman katanya. Sebelumnya bu Rina juga suϑáЂ pernah request puding yang sama but pake cetakan yang biasa kupake buat puding tape.
Hasilnya, pake cetakan krisan ΐπΐ jadi lebih menarik karena bentuk maupun warna pudingnya sendiri; pinky+putih.
Thanks 4 order ibu Rina....:)

Selasa, 28 Januari 2014

Puding Susu Sroberi (Alin)

Puding yang direquest Alin, gadis kecilnya ♏ϐąk Fita. Waktu mbak Fita ke aku cuma bilang Alin minta bikinkan puding pink....ooo Puding Susu Stroberi ternyata,.:) Pas kebetulan abis beli loyang puding baru Ɣá suϑáЂ sekalian coba deh.
Jazzakillah 4 order mbak:)

Minggu, 26 Januari 2014

Red Velvet Cake (mbak Wiwik)

RVC yang ketiga yang pernah kubuat, dua RVC sebelumnya sepertinya lupaaa blom ke posting. Pertama bikin RVC buat tester, salah satunya kubagiin ke ♏ϐąk Wiwik. Alhamdulillah ternyata ia dan suaminya suka, pengen pesen suatu saat nanti.
Finally kesampean juga, ♏ϐąk Wik pesan buat dimakan bersama teman2 nya, jadi ndak ada momen spesial. Just tea time....:)
RVC ΐπΐ kubuat pake loyang diameter 20 cm. Waktu kutanya mau ditulis apa dikuenya ♏ϐąk?, karena untuk cake2 besar aku ndak bϊڪά bikin ndadak, garnish dan tulisan/ucapan biasanya kubikin jauh2 hari. Biar saatnya baking, matang ngarnishnya cepet karena semuanya suϑáЂ tersedia.
Makasih pesanannya ♏ϐąk Wiwik:)

Puding Cokelat Moka

Request pada hari yang sama dari ♏ϐąk Citra. Waktu hari sabtu ketemuan di sekolah, requestnya 3 macam kue, but 2 hari kemudian ♏ϐąk Citra bbm kalo mau pesan puding moka juga, 2 loyang untuk acara hari jumat juga.
Kalo saat posting pertama ni puding, lapisan moka di atas, kali ΐπΐ sengaja kubalik, lapisan coklatnya yang di atas (buat variasi).
Makasih banyak pesanannya ♏ϐąk Citra....:)

Amris (mbak Citra)

waktu order awal ♏ϐąk Citra requestnya amris yang ukuran biasa (reguler), yang memang terlihat besar, makan satu saja suϑáЂ cukup mengenyangkan. Akan tetapi setelah dipertimbangkan mau yang medium aja, biar ndak terlalu besar, karena variasi snack nya suϑáЂ beragam.

Sabtu, 25 Januari 2014

Tahu Fantasi (mbak Citra)

Orderan dari ♏ϐąk Citra, seperti yang suϑáЂ kuceritakan sebelumnya. Waktu order bilangnya cuma, itu lho ♏ϐąk yang diatasnya ada sosisnya....ooo Tahu Fantasi, kataku.
Makasih untuk orderannya mbak Citra;)

Lapis Surabaya (mbak Citra)

Hari Sabtu kemaren, 18jan ada kegiatan arisan kelas di sekolah si kakak, SDIT 2 AL Auliya. Arisan bulanan sekaligus ajang komunikasi antara ustadz/ah kelas dengan para wali murid. Ndak banyak arisannya, 50 ribu arisan 5 ribu uang konsumsi dan 5ribu uang kas jadi total 60ribu.
Naaa....di sela sela waktu arisan itu tiba tiba aku dipanggil mbak Citra, mama Aqsa. Ada apa Ɣá?.....tumben, pikirku. Ternyata ♏ϐąk Citra mau pesan snack buat pengajian hari jumat di rumahnya, acaranya habis maghrib katanya. Diluar dugaanku ternyata ♏ϐąk Citra pesennya lumayan banyak, Amris, tahu fantasi, dan lapis surabaya, masing masing 50pcs.
Mbak Citra nanya, bϊڪά ndak nih?...bismillah kujawab aja bϊڪά (padahal saat itu ovenku blom tahu kapan selesainya + mobilku juga baru masuk bengkel jumat sorenya_abis tabrakan sama bu Eksi).
Tentang oven nanti segera kutanyakan ke Jims kapan bϊڪά kelar, trus mobil masak sih seminggu ndak kelar?
Apa yang kurencanakan ternyata ndak sesuai kenyataann.... hiksss. Oven ternyata belum tahu kapan kelarnya karena timer nya rusak, masih nunggu spare partnya blom sampe. Kata suami, suϑáЂ beli yang baru aja...(Alhamdulillah suami selalu support all out untuk Klikue istri tercinta, heeeee.....two thumbs 4 Abiy) ... Cerita oven baruku nanti kubikin sendiri aja Ɣá, biar lengkap bagi new begginer di dunia baking yang pengen tahu info oven listrik.
Alhamdulillah....hari kamis sore 5 loyang Lapis Surabaya bϊڪά kelar, langsung dipotong2 aja gitu request ♏ϐąk Citra. Done.....Tinggal goreng tahu fantasi+amris jumat siang.
Jumat pagi, kucek bengkel As Budi di daerah sungai Ampal (dapet info ni bengkel dari bu Eksi) ternyata mobil blom bϊڪά kelar jumat sore karena duconya blom kering sempurna. Astaghfirullah......gimana ni????
Aku telpon 2 orang temenku, yang aku merasa suϑáЂ dekat seperti saudara, ternyata dua duanya ndak bϊڪά bantu delivery ke Graha Indah.
Final choice, taxi!!!!....mau gimana lagi, sesuai kesepakatan ntu pesanan bakal diantar bukan diambil.Lumayan juga ongkos taxi pp ke Graha Indah, hampir 70ribu. Tak apa lah, keuntungan berkurang banyak karena ndak bϊڪά delivery sendiri, yang penting pesanan selesai dan diantar just in time. Segala sesuatu اِ نْ شَآ ءَ اللّهُ ada hikmahnya. Namanya jualan pasti akan menemui masalah. Alhamdulillah masalah ΐπΐ masih bϊڪά terselesaikan.
Jumat malam dapet bbm dari ♏ϐąk Citra, alhamdulillah kue kue nya ludesss.....sedikit rasa kecewa jadi langsung terobati baca bbm nya ♏ϐąk Citra.
Makasih banyak orderan pertamanya ♏ϐąk Citra, semoga ketagihan Ɣá....heeeee:)

Lapis Surabaya (mbak Citra)

Hari Sabtu kemaren, 18jan ada kegiatan arisan kelas di sekolah si kakak, SDIT 2 AL Auliya. Arisan bulanan sekaligus ajang komunikasi antara ustadz/ah kelas dengan para wali murid. Ndak banyak arisannya, 50 ribu arisan 5 ribu uang konsumsi dan 5ribu uang kas jadi total 60ribu.
Naaa....di sela sela waktu arisan itu tiba tiba aku dipanggil mbak Citra, mama Aqsa. Ada apa Ɣá?.....tumben, pikirku. Ternyata ♏ϐąk Citra mau pesan snack buat pengajian hari jumat di rumahnya, acaranya habis maghrib katanya. Diluar dugaanku ternyata ♏ϐąk Citra pesennya lumayan banyak, Amris, tahu fantasi, dan lapis surabaya, masing masing 50pcs.
Mbak Citra nanya, bϊڪά ndak nih?...bismillah kujawab aja bϊڪά (padahal saat itu ovenku blom tahu kapan selesainya + mobilku juga baru masuk bengkel jumat sorenya_abis tabrakan sama bu Eksi).
Tentang oven nanti segera kutanyakan ke Jims kapan bϊڪά kelar, trus mobil masak sih seminggu ndak kelar?
Apa yang kurencanakan ternyata ndak sesuai kenyataann.... hiksss. Oven ternyata belum tahu kapan kelarnya karena timer nya rusak, masih nunggu spare partnya blom sampe. Kata suami, suϑáЂ beli yang baru aja...(Alhamdulillah suami selalu support all out untuk Klikue istri tercinta, heeeee.....two thumbs 4 Abiy) ... Cerita oven baruku nanti kubikin sendiri aja Ɣá, biar lengkap bagi new begginer di dunia baking yang pengen tahu info oven listrik.
Alhamdulillah....hari kamis sore 5 loyang Lapis Surabaya bϊڪά kelar, langsung dipotong2 aja gitu request ♏ϐąk Citra. Done.....Tinggal goreng tahu fantasi+amris jumat siang.
Jumat pagi, kucek bengkel As Budi di daerah sungai Ampal (dapet info ni bengkel dari bu Eksi) ternyata mobil blom bϊڪά kelar jumat sore karena duconya blom kering sempurna. Astaghfirullah......gimana ni????
Aku telpon 2 orang temenku, yang aku merasa suϑáЂ dekat seperti saudara, ternyata dua duanya ndak bϊڪά bantu delivery ke Graha Indah.
Final choice, taxi!!!!....mau gimana lagi, sesuai kesepakatan ntu pesanan bakal diantar bukan diambil.Lumayan juga ongkos taxi pp ke Graha Indah, hampir 70ribu. Tak apa lah, keuntungan berkurang banyak karena ndak bϊڪά delivery sendiri, yang penting pesanan selesai dan diantar just in time. Segala sesuatu اِ نْ شَآ ءَ اللّهُ ada hikmahnya. Namanya jualan pasti akan menemui masalah. Alhamdulillah masalah ΐπΐ masih bϊڪά terselesaikan.
Jumat malam dapet bbm dari ♏ϐąk Citra, alhamdulillah kue kue nya ludesss.....sedikit rasa kecewa jadi langsung terobati baca bbm nya ♏ϐąk Citra.
Makasih banyak orderan pertamanya ♏ϐąk Citra, semoga ketagihan Ɣá....heeeee:)

Puding Stroberi Cokelat

Puding ΐπΐ direquest oleh ♏ϐąk Wiwik (kedua anaknya puding lovers), biasanya ia pesan puding tape ketan, but kali ΐπΐ request puding cokelat stroberi. ♏ϐąk Wiwik request ni puding setelah lihat display picture bb ku sebelumnya (puding pesanannya ♏ϐąk Ani Chandra).Kalo ♏ϐąk Ani pake loyang bergerigi, ♏ϐąk Wik request yang loyang bulat lubang tengah. Puding ΐπΐ kubuat rabu kemaren, 22januari. Tks 4 order ♏ϐąk...

Rabu, 22 Januari 2014

Lapis Cokelat Moka

Cake pertama yang kubuat dengan oven baru, lapis cokelat moka. Alhamdulillah, setelah sempat hopeless menunggu Oxone yang tak kunjung "sembuh" dan mencari oven listrik yang kapasitasnya sesuai dengan yang kubutuhkan akhirnya....dapet juga oven Kirin kapasitas 35 liter (khusus oven ΐπΐ nanti aku bahas sendiri di bab yang berbeda biar detail)
Cake ΐπΐ kubuat senin malam,20 januari. Senin siang Ummi bbm minta dibikinkan kue 2 macam untuk liqo di rumahnya. Akhirnya kubuatkan lapis cokelat moka aj...lagi suka yang beraroma moka, heee:)
Alhamdulillah pertama pake oven baru, cake bϊڪά mengembang dengan sempurna, but ternyata butuh waktu yang sedikit lebih lama jika memakai Giant Oxone yang kupunya sebelumnya. Tak apalah, alhamdulillah kue jadi, tinggal besok pagi goreng amris (kebetulan ada sisa stok 10biji).
Pagi harinya saat menyediakan susu buat sarapan suami, kucek kondisi kue ku, ternyataaaaa.....sebagian kecil kue ada yang lume (dibagian ujungnya). Wahhh gimana nih, ... Sepertinya ndak matang sempurna begitu kata suami. Akhirnya kue yang tadinya rencana buat Ummi, akhirnya kupotong supaya tahu rasa+tingkat kematangan kue.
Alhamdulillah, enyaAak kata suami, akan tetapi pada bagian yang lembek rasanya kurang pas (kurang matang).
Ɣá sudahlah daripada mengecewakan Ummi, akhirnya kubikin lagi pagi itu (jam 9 harus suϑáЂ di bawa ke rumah Ummi).
Kali ΐπΐ aku ndak mau kecolongan lagi....temperatur oven sedikit kunaikkan, dari yang tadinya 200 C jadi 220 C. Alhamdulillah, hasilnya kueku bϊڪά matang sempurna.Akhirnya kueku kuniatkan buat dimakan bersama aj (Ummi ndak usah bayar, ..syukuran oven baru, heeee).
Bener kata pepatah, lain ladang lain belalang, lain oven lain pula treatmentnya....(Nyambung ndak yaaak.....:)

Senin, 20 Januari 2014

American Risoles (Amris)

Risoles dengan isi mayones, telur, daging asap dan keju (sebagian ada yang menambahkan sosis) lebih dikenal dengan sebutan Amris, singkatan dari American Risoles.
Alhamdulillah hampir setiap pekan aku bikin kudapan gurih ΐπΐ , karena ada aja yang pesan baik untuk dikonsumsi sendiri or buat acara acara tertentu (pengajian,arisan dll).
Sebagai foddie blogger, penjual sekaligus konsumen, aku sering mencoba berbagai amris yang di jual di seputaran balikpapan ΐπΐ . Kalo pas jalan dan lihat ada amris, aku membelinya biarpun sepotong...entah itu yang dijual di toko toko, bakery even di pinggir jalan (terakhir kubeli di lapangan merdeka).
Hal ΐπΐ kulakukan sebagai bench mark; membandingkan rasa, harga, dan packaging. Tentu ΐπΐ sangat perlu bagiku untuk mendapatkan formula rasa amris jualan ku (heeee.....lebay.com). Terkadang suami juga ikut mencoba, untuk kemudian kita discuss apa kelebihan dan kekurangan dari amris yang kubeli.Hal yang sering terjadi adalah isi enak, kulit biasa aja rasanya (hanya adonan tepung), tapi banyak juga yang kulit maupun isinya sama sama enak. Ada satu hal penting yang kadang terlewatkan yaitu ketebalan dari kulit risoles tersebut, kadang ada yang tipis ada pula yang tebal (jadi berasa makan kulit, heeee....).
Alhamdulillah, (kata suami ni,sebagai kritikus utama kue buatanku) Amris Klikue tetep juaranya......wanna try?

Minggu, 19 Januari 2014

Puding Cokelat Stroberi

Puding ΐπΐ dipesan oleh ♏ϐąk Ani, bersamaan dengan puding tape ketan hijau. Tadinya ♏ϐąk Ani antara Ɣá dan tidak pesan puding cokelat ini, soalnya Ɣªήğ ia tahu puding cokelat lapisannya sama susu (Puding Cokelat Susu). Padahal anaknya Ɣªήğ pertama dan kedua seleranya beda, yang satu minta cokelat yang satu lagi minta stroberi......kalo mau pesan 2 loyang khawatir mubadzir. Akhirnya kukasih tawaran aja, gimana kalo digabung ♏ϐąk?....jadi Puding Cokelat Stroberi, kata ♏ϐąk Ani, memang bϊڪά?.....Ɣá bϊڪά dong...tinggal ngganti susunya dari putih ke UHT stroberi. Puding jenis ΐπΐ aku juga suϑáЂ pernah bikin sebelumnya, lupa orderan siapa waktu itu. Ok, deal.....akhirnya ♏ϐąk Ani pesan 1loyang puding pake loyang bergerigi plus puding tape yang sdh order sebelumnya, buat hari sabtu, 18 januari. Terima kasih untuk orderannya ♏ϐąk....:)

Puding Cokelat Stroberi

Puding ΐπΐ dipesan oleh ♏ϐąk Ani, bersamaan dengan puding tape ketan hijau. Tadinya ♏ϐąk Ani antara Ɣá dan tidak pesan puding cokelat ini, soalnya Ɣªήğ ia tahu puding cokelat lapisannya sama susu (Puding Cokelat Susu). Padahal anaknya Ɣªήğ pertama dan kedua seleranya beda, yang satu minta cokelat yang satu lagi minta stroberi......kalo mau pesan 2 loyang khawatir mubadzir. Akhirnya kukasih tawaran aja, gimana kalo digabung ♏ϐąk?....jadi Puding Cokelat Stroberi, kata ♏ϐąk Ani, memang bϊڪά?.....Ɣá bϊڪά dong...tinggal ngganti susunya dari putih ke UHT stroberi. Puding jenis ΐπΐ aku juga suϑáЂ pernah bikin sebelumnya, lupa orderan siapa waktu itu. Ok, deal.....akhirnya ♏ϐąk Ani pesan 1loyang puding pake loyang bergerigi plus puding tape yang sdh order sebelumnya, buat hari sabtu, 18 januari. Terima kasih untuk orderannya ♏ϐąk....:)

Puding Tape Ketan Hijau

Alhamdulillah, puding tape sejauh ΐπΐ masih jadi primadona puding di Klikue. Puding tape ketan hijau yang ΐπΐ agak sedikit berbeda dari biasanya. Puding ΐπΐ dipesan oleh ♏ϐąk Ani Chandra, mau dibawa ke rumah saudara di Samarinda, kira2 3jam perjalanan darat dari Balikpapan. Karena mau dibvawa perjalanan jauh itulah, ♏ϐąk Ani punya inisiatif bawa loyang sendiri dari rumah....jadi mbawa puding sama loyangnya ke Samarinda, begitu sampai tujuan tinggal ngeluarin dari cetakan. Ide yang bagus....karena dengan kondisi puding yang masih di loyang akan banyak membantu puding dalam kondisi yang bagus, karena memang pudingnya mau dibawa perjalanan yang relatif bagus.
Terus terang saja, aku blom pernah mencoba, seberapa lama daya tahan puding buatanku di suhu ruang. Artinya jika puding suϑáЂ dikeluarkan dari loyang or suϑáЂ dipotong2 sampai berapa lama ntu puding mulai mencair.
Jadi punya ide deh......next اِ نْ شَآ ءَ اللّهُ mau nyoba "daya tahan" puding buatanku di suhu ruang. Tks 4 order ♏ϐąk Ani;)

Puding Tape Ketan Hijau

Alhamdulillah, puding tape sejauh ΐπΐ masih jadi primadona puding di Klikue. Puding tape ketan hijau yang ΐπΐ agak sedikit berbeda dari biasanya. Puding ΐπΐ dipesan oleh ♏ϐąk Ani Chandra, mau dibawa ke rumah saudara di Samarinda, kira2 3jam perjalanan darat dari Balikpapan. Karena mau dibvawa perjalanan jauh itulah, ♏ϐąk Ani punya inisiatif bawa loyang sendiri dari rumah....jadi mbawa puding sama loyangnya ke Samarinda, begitu sampai tujuan tinggal ngeluarin dari cetakan. Ide yang bagus....karena dengan kondisi puding yang masih di loyang akan banyak membantu puding dalam kondisi yang bagus, karena memang pudingnya mau dibawa perjalanan yang relatif bagus.
Terus terang saja, aku blom pernah mencoba, seberapa lama daya tahan puding buatanku di suhu ruang. Artinya jika puding suϑáЂ dikeluarkan dari loyang or suϑáЂ dipotong2 sampai berapa lama ntu puding mulai mencair.
Jadi punya ide deh......next اِ نْ شَآ ءَ اللّهُ mau nyoba "daya tahan" puding buatanku di suhu ruang. Tks 4 order ♏ϐąk Ani;)

Sabtu, 18 Januari 2014

Puding Cokelat Moka

Ndak ada request dari siapapun untuk puding ini. Hari selasa dapet kabar kalo anak sulung ♏ϐąk Fita, Rifat...sakit radang tenggorokan akut, panas menggigil sampe 2 kali di bawa ke RS. Abis maghrib, hari yang sama suami yang baru pulang dari masjid cerita juga kalo Rifat sakit, tadi di masjid ngobrol sama suami ♏ϐąk Fita katanya. Ɣá suϑáЂ, insyallah nanti kubikinkan sesuatu buat bezuk, yang jelas bukan cake (oven) karena masih blom ada oven. Sampe hari rabu blom ketemu ide mau bikin apa, eee....dapet kabar lagi kalo si kembar,adiknya Rifat juga ikutan sakit(panas). Finally kamis pagi aku bikin puding aj suϑáЂ, kutahu semua anak ♏ϐąk Fita sukaa puding. Sekalian deh...bikin variasi puding Ɣªήğ blom pernah kubikin. Kebetulan lagi suka yang beraroma moka, jadilah puding lapis 2 rasa; cokelat dan moka.

Puding Susu Stroberi

Puding requestnya bu Rina(tetangga di blok D), buat dibawa ke rumah teman katanya. Thanks 4 order teteh:)

Birthday Cake bu Eksi

SuϑáЂ Hampir seminggu oven listriku diperbaiki di Jims, toko perabot rumah tangga di Balikpapan Baru. Toko ΐπΐ pula tempat aku beli ntu oven Oxone giant dg kapasitas 52 liter. So, karena aku beli ke Jims, maka "kukembalikan" ke Jims pula ketika ntu oven ngadatt. Kata bapak Ɣªήğ reparasi, timer oven nya rusak, nunggu spare part dikirim katanya (ntah dikirim dari mana?????)
Karena itulah...beberapa order cake "kutolak" karena ketiadaan oven. Aku pun sdh berusaha nyari gantinya....but blom nemu spesifikasi Ɣªήğ kuinginkan, tak apalah mungkin memang "harus rehat" sementara.
Masa rehat kumanfaatkan dengan menata file di blog sambil menemani kiddos tidur. Naaa...senin malem selasa pas lagi asyik nge-blog, bu Eksi (tetangga) bbm minta bikinkan cake ulang tahun....kubilang aj kalo oven lagi ngadat, jadi sementara blom terima orderan cake (oven). Kutawarkan alternatif untuk pesen ke temenku Ɣªήğ jago bikin BDCK blio ndak mau....mau nya order di Klikue aj, finally kukasih alternatif, kalo mau base cake nya brownies kukus اِ نْ شَآ ءَ اللّهُ bϊڪά . Alhamdulillah bu Eksi mau....jadi deh order dadakan disepakati untuk selasa sore ba'da ashar, Ɣªήğ kebetulan pas hari libur (maulid nabi saw). Karena libur dan suami ada di rumah lah maka kuterima order dadakan bu Eksi. Artinya...ada yang bantu jaga anak2, heeee.... As usual:) Request blio ndak macem2...cake ultah yang penting ada tulisan ucapannya, buat milad Ummi tercinta yang datang jauh2 dari kampung halamannya, Malang.
Tks 4 order bu Eksi....:)

Jumat, 17 Januari 2014

Snack Box bu Mei

Alhamdulillah dapet order 80 snack box dari bu Mei, teman yang ku add dari group ODOJ Khadijah. Bu Mei, or Meilani Husin tadinya kupikir usianya kurang lebih aja denganku karena (sebelumnya) ndak ada biodata anggota ODOJ, so masing2 kita ndak tahu usia masing2. Awalnya manggilnya mbak....salut aj sama beliau ΐπΐ karena sebelum jam 7 pagi (sejauh ΐπΐ ) tilawahnya pasti suϑáЂ selesai 1juz, سُبْحَانَ اللّهُ .....jadi bliau yang paling sering ambil lelangan. Begitu ♏ϐąk Sister (ketua)nya meminta utk para anggota melaporkan biodata nya jadi tahu ternyata bliau suϑáЂ berusia 50an. Panggilan yang tadinya ♏ϐąk, jadi ibu deh.....heeeee., punten ibu Mei.
Dari perkenalan di ODOj, bu Mei langsung mau pesan 80 kotak snackbox buat acara darma wanita ari kamis, 9 januari di kantor bea cukai dekat pelabuhan Semayang.Padahal bliau bom pernah merasakan snack bikinanku loh.....cuma liat aja di DP BB:).Alhamdulillah suami juga masih cuti akhir tahun, jadi kuambil tawaran bu Mei. Bliau ndak ngasih nama kuenya apa, cuma nyebutin aja minta 2 snack asin+1snack manis. Setelah deal harga, akhirnya kutawarkan snack asinnya amris+tahu fantasi, trus manis nya brownies kukus, dan bliau setuju.
Hari kamis jam 9 pagi dengan dibantu suami kuantar snack pesanan bliau ke kantor bea cukai, but ndak bϊڪά ketemu bu Mei nya langsung karena lagi ngisi taklim di lantai atas katanya. Akhirnya transaksinya sama pak Darpi, salah seorang pegawai bea cukai Ɣªήğ sdh diamanahi bu Mei sebelumnya utk menerima jika ada pengantar snackbox.
Alhamdulillah hari jumatnya bliau bbm kalau menu snack box nya enak dan teman2 nya suka, اِ نْ شَآ ءَ اللّهُ nanti kalau ada acara bliau mau pesan lagi:)
Jazzakillah untuk order pertama nya ibu...

Kamis, 16 Januari 2014

Amris (medium size)

Amris ΐπΐ pesenannya ♏ϐąk Nilam buat acara arisan minggu kemaren di rumahnya. ♏ϐąk Nilam mintanya dibuatkan ukuran kecil aj(ukuran medium), karena kalo arisan selain kue yang disajikan beragam juga ada makan beratnya...so, kadang kalo amris dibikin ukuran standar (reguler), kalo ada anak2 yang ikut makan jadi bersisa, sayang kan?.....jadi untuk mengantisipasi kemubadziran, amris ukuran medium ΐπΐ memang cocok untuk acara arisan.
Jazzakillah yo Jeng for (repeat)order.

Mocca Layer Cake

Cake yang tadinya mau kubikin 3 layer, 2 layer rasa moka dan 1 layer cokelat akhirnya cuma bϊڪά 2 layer saja. Ternyata oh ternyata, cake yang kubuat jumat malem sabtu pekan lalu kena insiden mati listrik...mati listrik terjadi kurleb jam 00.15 dini hari, pas loyang terakhir (lapisan cokelat) masuk oven...baru 5 menit listrik mati sampai kurleb 40 menitan...cake yang tadinya mau mengembang jadi mingkem (bahasa jawa:mulutnya tertutup)....yo wis lah pikirku....besok pagi kubikin lagi satu lapis cokelat sebagai pengganti. Pagi2 setelah shalat+tilawah (harus itu, heee....ODOJ Ɣá)segera kusiapkan bahan dan mengadon ....ketika mau masuk oven, سُبْحَانَ اللّهُ .....ntu oven ngadattttt, alias tiba2 ndak ada panasss sama sekali (sebelumnya kupanasi masih bϊڪά berfungsi).....lemesssss deh diriku, rencana ntu kue mau dibawa ke rumah temen suami, pak Eko...Ɣªήğ pekan lalu nyunatin kedua anaknya, but kita ndak bϊڪά ke sana karena suami lagi sibuk dengan kuliahnya(ujian semesteran).
Kucoba kuakali cake yang suϑáЂ siap diloyang itu dengan kukukus...ternyata hasilnya ndak sempurna. Karena kan memang beda komposisi bahan kue yang di kukus dengan yang di oven, walaupun ada sedikit kasus yang bϊڪά dua duanya (yang pernah kucoba bronketem resepnya ♏ϐąk Viona goldoven)....
Apa mau dikata....diriku suϑáЂ cape, sementara kita juga suϑáЂ rencana ke rumah pak eko. Yo wis lah...akhirnya 2 cake moka yang suϑáЂ kubikin malemnya kutumpuk dengan filling butter cream moka.
Alhamdulillah....waktu sampai sana, kuenya langsung dipotong ternyata istri+anak2 pak Eko suka...sulungku, nawwaf, yang biasanya ndak suka sama perkuean pun bilang "enakkkkk bunda, besok Awa dibikinkan Ɣá".....

Lapis Surabaya (♏ϐąk Fita)

LapSur (again), alhamdulillah....pesanan ♏ϐąk Fita buat dimakan sendiri katanya. LapSur ΐπΐ dilapis dengan selai blueberry sementara lapisan cake paling atas kubikin pola batik....Pola batik ΐπΐ biasanya kubikin untuk bolu gulung, iseng2 kubikin pola ΐπΐ di LapSur, so pretty.....Thanks mbakyu 4 order:)

Bihun Goreng

Bihun goreng, "extraordinary order" yang kuterima dari ♏ϐąk Titin, tetangga di komplek buat acara disekolah anak sulungnya,Raja. ♏ϐąk Titin bilangnya dah jauh jauh hari, minta bikinkan bihun goreng+ayam goreng tepung 80porsi anak anak.
Tadinya kupikir pesenan ΐπΐ angin lalu aja....karena kan biasanya Ɣªήğ kujual kue, sementara masakan rumahan seperti bihun, tekwan, bakso, bubur dll memang aku sering bikin but hanya buat konsumsi sendiri, kadang dibagi ke tetangga, ♏ϐąk Titin salah satunya.
Dua hari sebelum hari H nya, ♏ϐąk Titin bbm lagi, kalo dia jadi order bihun+ayam tepungnya. Beneran tho ternyata.....gimana ni?...aku kan biasa bikin dalam porsi kecil, sekarang harus bikin porsi besar.....bϊڪά ndak Ɣá?....
Setelah discuss dengan suami....
(Bagian ΐπΐ penting bangets bagiku, karena kalo suami setuju artinya, urusan anak2 suami Ɣªήğ handle, seprti mandiin dan antar jemput skul_kebetulan suami pas lagi cuti....jadi enak koordinasinya) Alhamdulillah suami ternyata support....giliran diriku yang binun gimana ni caranya?.....
Finally kubikin percobaan dulu dengan memasak 1 pak bihun bϊڪά jadi berapa porsi, setelah itu kan bϊڪά dikalkulasikan untuk 80 porsi kira2 butuh berapa pak bihun.
Alhamdulillah asisten di rumah (khadimat) sebelumnya adalah penjual nasi kuning, so urusan masak memasak blio jagonya. Akhirnya dengan dibantu bliau aku bikin eksperimen dan hasilnya selain dimakan sendiri juga kuantar ke ♏ϐąk titin sebagai tester, alhamdulillah ♏ϐąk Titin bilang enaakkk.
Langkah berikutnya adalah nyari wajan yang bϊڪά untuk memasak dalam porsi besar setidaknya masaknya 3-4 kali aj, karena wajanku kecil diameter 40an cm kalo ndak salah. Finally kupinjam 2 wajan, satu ke Mami satu lagi ke ♏ϐąk Yayuk...dua duanya memang suka masak memasak dalam porsi besar, terutama mami, sebelumnya dia juga pernah jual nasi kuning di rumahnya. Kedua ibu sholehah ΐπΐ adalah temen taklim di komplek, tinggalnya di blok G (diriku di blok D).
Alhamdulillah akhirnya alat dapat dan bahan (dengan dibantu suami) juga dapet.....
Taraaa....this is it, bihun goreng+ayam goreng tepung a la Klikue.
Jazzakillah untuk orderannya ♏ϐąk Titin.

Cake with Edible Image

Cake dengan edible image ΐπΐ adalah pesenan dari bu Eryta, murobbi baru. ΐπΐ adalah pesanan pertama dari beliau sekaligus juga untuk pertama kalinya aku bikin cake dengan edible image.
Cake ΐπΐ dipesan untuk milad ke 3 anak bungsu beliau, Umar Ɣªήğ jatuh pada tanggal 29 desember kemaren. Bu Eryta mintanya ada nuansa kereta thomas nya....finally kubuat dengan edible aj biar ndak terlalu ribet. Base cake nya menggunakan lapis surabaya (yang lagi in di dapur Klikue, .... ), sementara ediblenya kuprint di salah satu TBK di Balikpapan. Akan tetapi aku rasa kurang puas dengan hasilnya (ndak tajam, kata suami)....Ɣá sudahlah pengalaman pertama pake edible, nanti cari tempat yang lebih bagus hasil print out nya.
Ternyata oh ternyata, bagi beginner seperti diriku ndak mudah ternyata menempel ntu edible ke cake, ...kukira tinggal bikin cake dipoles BC, trus edible taruh aja di atasnya. Ternyata ndak semudah itu sodara sodara, heee....posisinya agak miring...alhamdulillah bϊڪά sedikit tertutupi dengan butter cream di sekelilingnya walaupun hasilnya kurang sempurna.....
Edible berupa kertas jadi nempelnya harus pas posisinya jangan sampai bergelombang, kalo diangkat dan ditempel lagi khawatir gambar Ɣªήğ di edible jadi mbleler (waduh bahasa apa ni yaaa....) Karena kan sama seperti kertas diprint, bedanya yang ΐπΐ pake kertas+tinta yang bϊڪά dikonsumsi.
Mohon maaf ibu Eryta, dan jazzakillah untuk order pertamanya.

Senin, 06 Januari 2014

Amris+LapSur (♏ϐąk Siti)

Orderan kedua dari ♏ϐąk Siti...sebeLumnya dia pernah pesan tiramisu, kali ΐπΐ pesan lapsur+amris (mateng), request nya ntu amris ndak usah diplastik but ditaruh di cup kertas aja. Tks 4 repeat order Ɣá ♏ϐąk....

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...